5 Agt 2010

MBAH GENDENG DAN BATMAN


“Huh, sial, masa’ bocor lagi sih”, ujar Batman gemas sambil menendang pintu BatMobile-nya perlahan. Meskipun kesal, ia masih cukup sadar untuk tidak melampiaskannya kepada kendaraan tercintanya, yang cicilannya belum lunas itu. Dengan susah payah, ia mendorong mobilnya ke pinggir, ke sebuah tambal ban yang kebetulan berada tidak jauh dari situ.
“Mbah Gendeng – Nambal Ban Sejak 1911”.Begitu tulisan yang tertera di atas “bengkel” kecil yang didirikan seadanya di bawah sebuah pohon beringin besar.

“bannnya bocor ya, nak?”, tanya seorang kakek tua yang tiba-tiba muncul dari balik pohon.
“Iya, mbah”, jawab Batman lesu, “sudah kedua kalinya nih. Padahal baru sekitar 5km lalu bocor dan ditambal.”
“Hmmm…”, mbah Gendeng mengangguk-anggukan kepalanya dan mulai mempersiapkan peralatannya. Bak air sabun untuk memeriksa bagian ban yang bocor, dongkrak, pompa angin, dan sebagainya. “Silahkan duduk dulu aja di kursi kayu itu, nak. Biar mbah kerjakan dulu bannya.”

45 menit berlalu, Batman mulai gak sabar. Maklum, ia lagi semangat-semangatnya untuk bangkit kembali dari keterpurukannya dan ingin segera sampai ke WTC untuk membuka gerai HP. Ditambah lagi, seekor kura-kura berseragam “Bukan Express” yang tadi disalipnya kini sudah berjalan melewati tempat ia duduk. “Masa’ Batman kalah cepet ama kura-kura”, pikir Batman dalam hati. Penasaran, ia mendekati Mbah Gendeng dan mengintip kerjanya.

“Pantesan aja lama!”, sergah Batman kasar. “Lha wong kerjanya lambat banget gini! Apa gak bisa lebih cepet lagi, mbah?!”
Mbah Gendeng meletakkan ban dalam BatMobile yang sedang ia pegang dan menoleh ke arah Batman. Tatapannya yang tajam membuat Batman secara tidak sadar mundur selangkah ke belakang. Tanpa disangka, dengan tidak kalah kerasnya, Mbah Gendeng balik bertanya, “Memangnya kamu pikir pekerjaan ini tidak penting sehingga harus dikerjakan dengan terburu-buru?”

“Memang begitu, kan? Cuman nambal ban ini, apa pentingnya? Jauh lebih penting pekerjaanku yang ke sana kemari buat nyelamatin dunia dari orang jahat! Mbah tahu kan kalo aku ini Batman?!”
“Iye, terus so what gitu loh, mau situ Superman kek, Batman kek, Barack Obama kek, SBY kek, tetep aja, jangan pernah ngeremehin pekerjaan saya!”

Batman sudah akan membuka mulutnya lagi untuk menjawab, namun kakek tua itu tidak mau kalah cepat dan melanjutkan kata-katanya.
“Dengarkan baik-baik, anak muda. Coba pikir. Seandainya tadi kamu dalam perjalanan untuk menyelamatkan ribuan orang dan banmu bocor, apa bukan berarti yang saya kerjakan ini tidak sama pentingnya dengan pekerjaanmu? Dengan memperbaiki ban bocormu dengan baik dan teliti, secara tidak langsung saya suda membantu kamu menyelamatkan mereka — ribuan orang itu.”

“Tidak usah muluk-muluk. Setiap ban bocor yang saya perbaiki pasti berhasil membawa pengemudinya tiba dengan selamat sampai di rumah. Coba bayangkan apabila saya melakukannya dengan asal-asalan. Bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, bukan?”
“Lihat ban dalammu ini”, Mbah Gendeng menyodorkan dua buah ban dalam BatMobile yang sedang ia kerjakan. “Perhatikan ini, bekas tambalan yang dilakukan oleh penambal ban sebelumnya. Kasar dan kurang kuat rekatannya. Itu sebabnya tadi ban mobilmu bocor lagi. Masih untung tidak terjadi apa-apa. Dan ini, yang ada di kanan, adalah hasil tambalan ban yang aku lakukan. Bandingkan!”

Batman tercenung. Ia memperhatikan ban dalam pada bagian yang ditunjukkan oleh Mbah Gendeng dan ternyata memang benar, pekerjaannya kurang baik. Bahkan jauh dibandingkan hasil pekerjaan Mbah Gendeng. Padahal tadi ia cukup senang dan memberi tips lebih kepada penambal ban sebelumnya karena kerjanya hanya butuh waktu 5 menit saja.
Dengan menunduk, Batman mohon maaf kepada Mbah Gendeng dan beringsut kembali ke kursi kayu untuk menunggu. Di satu sisi, ia malu terhadap apa yang telah ia lakukan, namun di sisi lain, ia gembira karena mendapat pelajaran baru tentang hidup dan juga tentang bisnis.
pesan moral
"Setiap pekerjaan itu penting, jangan pernah meremehkan pekerjaan orang lain sekecil apapun itu."

40 komentar:

  1. mbah gendeng dilawan
    hihi
    ngomong2 mbah gendeng itu siapa yah

    BalasHapus
  2. mbah gendeng,............, i lup u full.. ^^,... keren gak buat batman nunduk,,,, hiihihi ^^,,,,

    BalasHapus
  3. yaiks.. batman kalah ngelawan mbah gendeng... hidup mbah gendeng! wkwkkwkwkw

    BalasHapus
  4. sebenarnya di sekitar kita banyak batman-batman yang meremehkan keberadaan orang lain. Padahal para batman itu eksis karena keberadaan orang-orang lemah.
    Nais pesan moralnya Kang untuk kebaikan dalam menempatkan diri di lingkungan

    BalasHapus
  5. Pagi kang.
    Aku sempatin mampir kemari meski sibuk pol kang.
    Wah WTC mana itu kang.surabaya ta..

    BalasHapus
  6. Mbah gendeng????? sypa tuh sob,,,kayaknya namanya gak asing deh,,,,,,

    BalasHapus
  7. Mantep ceritanya... setiap orang saling membutuhkan, jgn merehkan siapapun!!

    BalasHapus
  8. Wes... keren nie Mbah Gendeng haha..... bener bgt tuh Sob.. aku setuju sekecil pekerjaan atau keahlian orang lain belum tentu kita bisa klop disiruh kaya mereka.....

    Mantabz.. tapi aku baca ilustrasi ini jadi inget penyebaran paku sama Tukang tambal ban yang sereing terjadi di jakarta hhe.....

    semangat n Happy blogging Sob.

    BalasHapus
  9. tidak ada pekerjaan yg kecil, karena setiap pekerjaan membutuhkan keahlian..belajar pada cerita batman dan mbah gendeng..he.he

    BalasHapus
  10. postingan yang sangat dan memberikan banyak pembelajaran kepada kita semua, makasih sahabat. Salam

    BalasHapus
  11. tidak ada pekerjaan yg kecil, karena setiap pekerjaan membutuhkan keahlian..belajar pada cerita batman dan mbah gendeng..he.he

    BalasHapus
  12. jangan-jangan mbah gendeng itu gurunya batman ya??

    salam dari sahabatmu
    Bolehngeblog

    BalasHapus
  13. Hebat wal...cerita yang bagus untuk pagi ini,..... btw boleh minta nomor hape mbah gendeng ga???? :D

    BalasHapus
  14. BAru tahu klo mobil batmat kreditan :)
    "yang cicilannya belum lunas itu."

    Bujur banar dah tulisan ini ne, terkadang kita melihat sebelah mata gawian orang yang kita anggap rendah atau tak pantas. PAdahal klo kerida orangnya bakalan kerepotan sendiri :)

    BalasHapus
  15. gile mbah gendeng, dia mangkal di jalan apa tuh? boleh disatroni kapan-kapan.

    BalasHapus
  16. mbah gendeng gurunya wiro sableng...

    BalasHapus
  17. Batman kan sakti.. kenapa juga naik mobil... terbang aja.. hehe.. salam sukses deh buat mbah gendeng...

    BalasHapus
  18. seger ceritanya...maknanya juga dapet,jgn pernah meremehkan orang...ingat masih ada langit di atas langit ^__^

    BalasHapus
  19. wah,, pesan moral nya dapet banget. :)

    BalasHapus
  20. mantaaab bang, tanpa mbah gendeng, secara tidak langsung kejahatan akan terus merajalela, itu ilustrasinya...

    sekecil apapun kerjaan ttp hrs dihargai, meskipun terlihat tidak seberapa

    BalasHapus
  21. oke setuju banget om
    "Setiap pekerjaan itu penting, jangan pernah meremehkan pekerjaan orang lain sekecil apapun itu."

    BalasHapus
  22. batman yg malang...
    salam kenal sob

    BalasHapus
  23. Kebanyakan kita menyepelekan hal-hal kecil, padahal dari hal kecil tersebut biasanya akan menjadi sesuatu yang besar dan terdapat pula pelajaran yang bermanfaat.

    BalasHapus
  24. seru ceritanya, batman dan mbah gendeng ^_^ ada2 saja,

    memang benar, kita seringkali menganggap remeh suatu pekerjaan, padahal pekerjaan sekecil apapun pasti berguna dan penting, tidak ada hal yg sia2

    salam kenal, happy blogging

    BalasHapus
  25. yupz...setiap pekerjaan itu penting" Mantaap! Sukses sll Etam

    BalasHapus
  26. Mbah Gendeng yang bijak sekali..

    Luph you full mbah...hehe..

    Sederhana tapi dampaknya luar biasa. Apapun pekerjaannya dan siapapun orangnya pasti mempunyai artinya masing2 dan sepatutnya kita menghargai itu.. :)

    BalasHapus
  27. fotonya mbah gendeng mana..:(

    BalasHapus
  28. luar biasa...!membuka mata hati saya..,tnx sdh mengingatkan teman...,salam.

    BalasHapus
  29. Sekecil apa pun pekerjaan orang lain alangkah baiknya kita menghagai nya wal...maaf wal telat singgahnya biasa ni hp lelet..apa habarnya wal?

    BalasHapus
  30. Ternyata mobilnya Batman bisa gembosjuga ya ...ckckckckck :D

    BalasHapus
  31. Janganlah menilai seseorang dari pekerjaannya saja...Semua pekerjaan itu baik yang penting halal....
    Maaf baru mampir sob...

    BalasHapus
  32. Hidup mbah gendeng..........

    BalasHapus
  33. aku mampir lagi kang
    met malam...

    BalasHapus
  34. iLustrasi kisahnya cocok nih untuk seorang bapak yang suka meninabobokan anaknya dengan dongeng segar dan banyak makna yang terkandung di daLamnya.
    sekeciL apapun pekerjaan, biLa diLakukan dengan baik diharapkan akan Lebih bermanfaat dibanding dengan pekerjaan besar yang diLakukan secara asaL-asaLan. pekerjaan keciL atau besar, sama saja niLainya karena memang kedua jenis pekerjaan tersebut berkesinambungan akan kuaLitasnya.

    BalasHapus
  35. kang batman kaLo ban mobiLnya kempes, numpang aja di punggungnya kang superman. enggak bayar koq, cuma nraktir es krim aja.

    BalasHapus
  36. "Nice artikel, inspiring ditunggu artikel - artikel selanjutnya, sukses
    selalu, Tuhan memberkati anda, Trim's :)"

    BalasHapus
  37. Oke DATUK SALEMBA…Terima kasih Atas Bantuan Angka Ritual Anda…Angka Anda Tembus 100%…kami yang udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat datuk salemba ghoib..Saya coba beli paket 2D ternyata tembus…dan akhirnya kami pun membeli paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib DATUK SALEMBA
    Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…anda bisa Call / sms di nomer 0853-3331-4455
    atau kunjungi http/www.datuk-salemba.blogspot.com
    Buktikan aja sendiri saudara…Terima kasih DATUK SALEMBA

    BalasHapus
  38. Oke DATUK SALEMBA…Terima kasih Atas Bantuan Angka Ritual Anda…Angka Anda Tembus 100%…kami yang udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat datuk salemba ghoib..Saya coba beli paket 2D ternyata tembus…dan akhirnya kami pun membeli paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib DATUK SALEMBA
    Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…anda bisa Call / sms di nomer 0853-3331-4455
    atau kunjungi http/www.datuk-salemba.blogspot.com
    Buktikan aja sendiri saudara…Terima kasih DATUK SALEMBA

    BalasHapus
  39. Assalamu Alaikum selamat pagi,saya ingin berbagi pengalaman,kepada pecinta toto bet,karna saya salah satu pemain yg selalu kalah,tapi saya selalu buka situs ini,saya dapat no tlpKI_SAMUDRA dan saya coba menghubunginya dan saya di beri angka 3d sgp/hk 640,saya sangat berterimh ksh kpd yg maha kuasa karna semua utang yg ada di tetangga dan di bank BCA,semua sdh lunas,ayo buktikn di0823 4444 5923,sekali lagi makasih banyak KI_SAMUDRA,wassalam.

    BalasHapus
  40. saya kaget dengan artikel ini kirain beneran Batman sama Mbah Gendeng tak taunya cerita motivasi dibalik artikel ini. terimakasih,sob.

    BalasHapus