1 Agt 2010

LOMBA PANJAT PINANG


Menyambut HUT RI yg ke 56.pada beberapa hari ini diadakan beraneka macam lomba.di karenakan tanggal 17 agustus tepat saat bulan ramadhan sehingga di majukan lebih awal.dan pada hari ini di kelurahan saya diadakan lomba panjat pinang,hadiahnya lumayan.ada sepeda,barang elektronik,alat" dapur dan lain sebagainya.bagaimana di daerah para sahabat.apakah tahun ini juga diadakan lomba panjat pinang? dan pernahkah juga para sahabat mencobanya? mungkin udh banyak nh yg pernah ikut trus dapat hadiah apaan....

Ada makna di  balik lomba panjat pinang..Panjat pinang, ternyata memiliki nilai filosofi yang mendalam tentang bagaimana suatu team bekerjasama dalam meraih tujuan. Permainan dilakukan oleh suatu team yang terdiri dari 5 sampai dengan 6 orang dalam suatu kelompok, diharuskan memanjat sebatang pohon pinang yang telah dihaluskan kulitnya dan dilumuri olie. Tiap anggota dari team saling mendukung temannya di pundaknya, sehingga yang paling atas tinggal berusaha meraih hadiah yang tergantung di atas pohon pinang tersebut.

Tekhnik mendapatkan hadiah ini bukanlah sembarangan saja dilakukan. Biasanya tiap kelompok mempunyai strategi tersendiri dalam usaha memperoleh hadiah tersebut. Misalnya ada kelompok yang sengaja meletakkan anggota dengan postur tubuh paling kekar di bagian bawah, kemudian disusul oleh rekannya yang lebih kecil dan urut sampai yang paling kecil, dimana anggota yang paling kecil inilah yang bertugas memetik hadiah yang ada di atas.

Untuk membentuk kekompakan suatu team dalam permainan panjat pinang bukanlah hal yang mudah, karena di sini dibutuhkan pengertian dari masing-masing anggota team tentang perannya masing-masing. Setiap orang dalam team berusaha semaksimal mungkin mendukung anggota team yang lain agar menjadi jalan bahkan menahan beban bagi anggota team yang bertugas memetik hadiah.

Jika kekompakan ini berlangsung dengan baik disertai dengan keinginan agar teamnya dapat memetik hadiah, maka bukan hal yang mustahil jika hadiah yang ada di pohon pinang tersebut dapat diraih oleh anggota yang berdiri paling atas. Nah...apabila berhasil maka semua anggota team akan menikmati hadiah ini bersama-sama, karena pada hakekatnya keberhasilan itu bukan untuk salah seorang saja, tetapi untuk seluruh anggota team.

23 komentar:

  1. Kerja sama, kekompakan, kerja keras dan perjuangan...banyak ya yang bisa kita petik dari panjat pinang... :)

    BalasHapus
  2. wah kalo di daerah ku, acara 17-an itu sudah jarang ada acara2 kayak dulu lagi...

    trims,
    Bolehngeblog

    BalasHapus
  3. wah saya dari dulu kalau panjat pinabg selalu menjadi PONDASI.. posisi paling mulia menurut saya.. (Hahhahaha) pembelaan karena berbadan besar jadinya tidak ada yng mau di injek saya...

    Best Regards,
    Tito's Weblog

    BalasHapus
  4. Inget masa kecil sob,, manjat pinang pas 17-an..... hehehe,,, makasih sob atas memorinya,,,,

    BalasHapus
  5. wah enak ngerayain 17an!! karna puasa, di daerah saya jd ga ngadain deh. kangen jadi panitia. hehe :)

    BalasHapus
  6. thanks ya sob....atas komentarnya...
    kebetulan nh ane jadi panitia....
    sukses sllu dalam dunia blog...

    BalasHapus
  7. kasian jadi orng yang paling bawaaah,,hihihihi

    BalasHapus
  8. waaaahh... panjat pinang nih, ga pernah sukses klo ikutan panjat pinang, agustusan kmaren pun msh ttp gagal wakwakwak...

    BalasHapus
  9. Aku hanya suka nonton saja sob, klo ikutan lomba ga pernah, hehehehe

    BalasHapus
  10. wah, jadi panitia ya...sukses mas...
    ego orang diuji disini, biasanya klo yang egois mala ga dapet...
    teamwork yang harus diutamakan...

    Merdeka...!!

    BalasHapus
  11. baru naik sedikit, eh udah meLorot Lagi. naik Lagi eh meLorot Lagi.
    gue biLang juga ape, tarik ujungnye, betot tengahnya. awas!... awas!. (Bang Bens mode on).

    dari fiLosofi panjang pinang tersebut diharapkan masyarakat dapat memaknainya akan semangat perjuangan para pahLawan yang teLah membeLa kemerdekaan bangsa ini, begitupun bagi para pejabat negara (pusat dan daerah) harus semangat untuk memperjuangkan hak-hak rakyat.

    semoga akhir pekan ini menyenangkan yah Om, mohon maaf agak teLat nih kunjungannya.

    BalasHapus
  12. saya c blm pernah ikutan lomba pnjt pinang... kl waktu kcl sukanya manjat pohon mangga tetangga...!! Merdeka..

    BalasHapus
  13. ha3...panjat pinang...lucu kalo dinget - inget ^__^

    BalasHapus
  14. Wah! Tidak terasa sdh mau tujuh belasan lagi ya.. Etam Grecek memang Blog yg Nasinalis.. Budaya dan adat Indonesia banyak ditampilin di Blog ini. Manstabb Grecek, terus berkaya.. Tp ikut kan nanti Panjat Pinangnya?? Hehehe..

    BalasHapus
  15. iya juga ya, kalo pas 17an kan udah mulai puasa
    pasti capek kalo manjat pinang
    hihi

    BalasHapus
  16. ga mau panjat-panjatan ah ntar jatuh, hehehe...

    BalasHapus
  17. kalau ngomong soal panjat pinang butuh kerjasama dan tenaga yang ekstra om untuk bisa sampai puncak,hahaha

    BalasHapus
  18. Wah lomba yg paling rame ya panjat pinang ini wal...dari panjat pinang ada pesan yg penting yaitu bagaiman kita saling berkerjasama dalam satu tim dan jgn pernah egois...

    BalasHapus
  19. thnks infonya sob..bermanfaat bagi saya khususnya yang membaca..menanmbah ilmu juga..bila berkenan kita tukeran link sob yah..bila berkenan tukeran link komment di..
    http://ilmu-komputer23.blogspot.com/2010/07/komputer-terbaru-2010-asus-maxiimus-iii.html
    happy blogging yah..sukses selalu..

    BalasHapus
  20. wah ikut panjat pinang rupanya

    BalasHapus
  21. perlombaan tradisional yang rutin diadakan dihampir sebagian daerah.

    BalasHapus
  22. btw, mas grecek ikutan lomba panjat pinangnya ga??...he3...kan seru tuh...

    BalasHapus