2 Agt 2010

DAERAH TERKAYA JANGAN HANYA NAMA


Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) beberapa waktu lalu  mengeluarkan rilis daftar kabupaten-kabupaten dengan pendapatan terkaya di Indonesia. Data berdasarkan hasil audit itu menyebutkan, dari 20 daftar kabupaten termakmur di negeri ini, 13 diantaranya berada di Provinsi Kalimantan Timur, 4 dari Provinsi Riau, dan masing-masing satu kabupaten dari Sumatera Selatan, Kepulauan Riau dan Papua.

Kemakmuran kabupaten-kabupaten yang mendapatkan pemasukan dari Dana Bagi Hasil (DBH) SDA, Dana Alokasi Khusus (DAK) dan berbagai dana lainnya dari pemerintah pusat ini, terlihat jauh lebih besar dibanding dengan pendapatan beberapa kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

inilah daftar 20 kabupaten / kota terkaya :

1.   Kab Kutai Kartanegara (Kaltim) Rp2.566,55 miliar
2.   Kab Bengkalis (Riau) Rp1.519,73 miliar
3.   Kab Kutai Timur (Kaltim) Rp1.059,72 miliar
4.   Kab Siak (Riau) Rp993,20 miliar
5.   Kab Rokan Hilir (Riau) Rp911,07 miliar
6.   Kab Musi Banyuasin (Sumsel) Rp858,45 miliar
7.   Kab Kutai Barat (Kaltim) Rp670,60 miliar
8.   Kab Kampar (Kaltim) Rp679,32 miliar
9.   Kab Pasir (Kaltim) Rp593,64 miliar
10. Kab Berau (Kaltim) Rp553,26 miliar
11. Kab Bulungan (Kaltim) Rp482,82 miliar
12. Kota Samarinda (Kaltim) Rp480,19 miliar
13. Kab Nunukan (Kaltim) Rp478,34 miliar
14. Kab Panajam Pasir Utara (Kaltim) Rp477,03 miliar
15. Kota Bontang (Kaltim) Rp476,83 miliar
16. Kab Malinau (Kaltim) Rp462,34 miliar
17. Kota Tarakan (Kaltim) Rp454,55 miliar
18. Kota Balikpapan (Kaltim) Rp441,60 miliar
19. Kab Natuna (Kep Riau) Rp440,24 miliar
20. Kab Mimika (Papua) Rp424,33 miliar

wah duit segitu banyak buata pa aja yah? trus klo aku yg punya mo diapakan tuh (datang lagi nih matrenya klo udah kesenggol ma duit..hehehehe.....) .Hebat ya kaltim jadi juara umumnya!!!!!!!! mungkin itu komentar yg keluar dr mulut anda.TAPI TIDAK UNTUK SAYA.
Saya justru sedih mendengarnya.Mengapa?? karena di daerah kaya itu masih banyak di jumpai orang yg tak mampu,masih banyak keluarga yg hidup jauh dibawah garis kemiskinan.masih bnyak anak yg tak dapat  bersekolah karena alasan ekonomi lemah,dan juga kita jumpai  infrastruktur yg tak memadai.jadi jng disangka kabupaten kaya lantas semuanya serba wah.

contoh kecil saja.tuh  yg nomor urut satu.dengan 2 T/tahun. kebetulan beberapa waktu lalu saat saya sedang liburan kesana.jalan yg kita lalui tak semewah yg kita baca.jalannya berlubang dimana".seharusnya masalah kecil seperti ini tak lg di jumpai,blm lg pemandangan rumah gubuk di kanan kiri jalan,dan yg parahnya lagi 2 kali ganti bupati 2 kali juga masuk bui karena korupsi.itu belum lagi yg daftar antri .
seharusnya jng hanya kaya namanya,tapi juga harus di rasakan sama rata oleh semua penduduknya .
MAJU TERUS KALTIM KU, JAYALAH BONTANG KU...........

37 komentar:

  1. yah...kota ku gak ada om? :D

    BalasHapus
  2. harusnya dengan kekayaan segitu penduduknya juga bisa menikmati n kaya2 juga

    BalasHapus
  3. Wah balikpapan ke 18 tu...!!!
    Duit sebanyak itu aja mash bnyak masyarakat nya yg hidup dibwah garis kemiskinan dan mash bnyaknya pengangguran dimana2...sangat miris melihat angka yg berjejer bilangan nol tpi mash banya warganya yg miskin.

    BalasHapus
  4. keren nich artikelnya berbobot..
    keep posting sob.. ditunggu kommnet baliknya yah di blogku http://ilmu-komputer23.blogspot.com/2010/08/alienware-m17x-laptop-gaming-terbaru.html

    BalasHapus
  5. PASTIKAN YANG PASTI... WIS WAYAHE... NARATU NE WETTUNA...

    BalasHapus
  6. Rutinitas pagi ke tempat sahabat tercayaang..
    Memang kota besar harusnya bukan hanya namanya saja tanpa kualitas di dalamnya

    BalasHapus
  7. coba diusulkan sekali-kali pendapatan satu tahun tiap daerah dibagikan ke rakyat miskin daerah yang bersangkutan

    BalasHapus
  8. @denny:smoga thn depan masuk daftar den...
    @mixedfresh:seharusnya begitu
    @arief:itu dia masalahnya wal
    @radja:baru rilis nh bro
    @alien:oke deh
    @puguh:wah..wah..slogannya pak de tuh
    @kang tomo:betul sekali om
    @kang pakies:wah gak ada lagi tuh warganya yg miskin...

    BalasHapus
  9. wah daerah kalimantan timur ternyata mendominasi ya..
    salam,
    Bolehngeblog

    BalasHapus
  10. Kotaq mana sob,,,, kota palopo hehehe,,,,,,

    BalasHapus
  11. waduh bos... uangnya hilang ke "perut".. hahaha.
    tapi ga semua kok, mungkin pemerataannya beum ada.

    saya kasih contoh, saya salut sama pemerintahan kabupaten SIAK, mereka membiayai secara penuh dari awal sampai akhir (wisuda) para murid sma yang mau kuliah dan berprestasi. Bnyak teman - teman saya di UI dan IPB berassal dari SIAK, mreka mendapat beasiswa gratis. Dengan syarat berprestasi, Dan tidak tanggung - tanggung itu bukan hanya satu dua orang mahasiwa melainkan belasan tiap tahunnya.

    Jadi mungkin uagnnya disaluurkan kepada bidang lain, bukan saja ke Sarana jalan.

    BalasHapus
  12. berkunjung sobat
    sukses selalu
    terima kasih

    BalasHapus
  13. waah...kota kelahiranku kok sdh gak list lg...padl taun kemaren msk 10 bsr..well, smga makin maju trs, n kota2 yg lain sgr bs mkn maju jg!...

    BalasHapus
  14. setidaknya harus membawa manfaat bagi rakyat, dan jangan hanya pejabatnya yang tambah kaya ...

    BalasHapus
  15. buseeet... liat nomimalnya bs bkin ga bs tidur tuh, tp sangat disayangkan, ironis malahan, di daerah yg nominal pendapatannya bkin mata melek, malah masih byk jg yg kekurangan..

    BalasHapus
  16. Maju Teruss...Sukses Etam!

    BalasHapus
  17. Wah... ha.ha.
    sombong juga ya..
    he..he..
    kota kutai!

    BalasHapus
  18. hebat ya daerah kaltim kaya betul daerahnya

    BalasHapus
  19. semoga saja kekayaan yang melimpah bisa bermanfaat untuk kemakmuran masyarakat... amin

    BalasHapus
  20. Waduh,,,,,,,,kota ane tak masuk eea bang.....hakhakhak

    BalasHapus
  21. biarpun sobat ga bilang Hebat... tapi aku tetep mau bilang Hebat Sob... dan perlu diakui kayanya bener Sob... soalnya rata2 gaji karyawan di kalimantan juga lebih besar dari gaji karyawan di jakarta hhe......

    Semangat N happy blogging Sob...

    BalasHapus
  22. Ternyata banyak kota yang kaya di Kaltim....

    Semoga aja bener2 bukan hanya nama, tapi kekayaaannya bisa terdistribusi merata ya.

    BalasHapus
  23. kotaku gak ada
    mungkin aadanya di 20 kota termiskin x ya
    hihi

    BalasHapus
  24. Daerah kaya,,, mudah2an bukan untuk bikin penguasa tmbh kaya..

    BalasHapus
  25. kasian banget kota2 itu..cuma diambil uangnya tapi ga balik lg ke kota itu...

    BalasHapus
  26. melihat daftar diatas terbayang betapa kayanya kab/kota di Indonesia.. semoga kedepannya kesejahteraan masyarakatnya benar2 terjamin tanpa korupsi :)

    BalasHapus
  27. semoga untuk ke depannya Kaltim bisa Lebih baik Lagi daLam pembangunan maupun mensejahterakan masyarakatnya.
    ada beberapa teman yang bekerja di sana, katanya unsur korupsi dan koLusi diberbagai masih tinggi.
    sehingga asumsi saya, mungkin iniLah saLah satu dampak dari priLaku pejabat disana, semoga ke depannya tidak Lagi.

    BalasHapus
  28. Duitnya buat ngapain ya... emh... ah buat modal kawin aja dah hihihi...

    Begitulah negara kita... kapan ya kita bisa dipimpin oleh pemimpin yg adil, jujur dan berwibawa?????... cuma pada waktu kampanye saja rakyat dibuat terlena dgn janji2 palsu yg dibungkus dgn perkataan dan penamplan yg indah dan menawan. Tapi setelah itu....?????????????????????/ yg kaya makin kaya, yg miskin makin sengsara... Cape deh..

    BalasHapus
  29. mampir lagi sobat
    mau ngucapin met malam :D

    BalasHapus
  30. apa bnar Ibukota Indonesia akan dipindahkan ke kalimantan !?
    tapi, melihat data data di atas, sepertinya ada kemungkinan juga ya...

    BalasHapus
  31. kebetulan saya berasal dari natuna yang katanya juga salah satu kabupaten kaya di Indonesia, sayang predikat itu tak sebanding dengan kehidupan masyarakat disana.

    semoga kedepan pemda setempat bisa lebihbaik dalam memerintah...

    BalasHapus
  32. woww.. itu duit semua yah... pada lari kemana tuhh duitnya?

    BalasHapus
  33. Hmm... bagiku, suatu tempat terkaya tidak akan memiliki arti apapun bilamana saling tidak peduli dan kebersamaan tidak ada dalam masyarakatnya.

    Bravo Palembang!!! Bravo Bengkulu!!! hehehe

    BalasHapus
  34. seLamat menjaLankan rituaL rutinitas, saLam istirahat jangan keterusan.

    BalasHapus