3 Agt 2010

JANGAN LUPA UTANG PUASA


Bulan Ramadhan segera tiba,gak terasa tinggal seminggu lagi.saya hanya mengingatkan untuk sahabat muslim apakah pernah membatalkan puasanya pada bulan ramadhan tahun lalu? mungkin dulu para sahabat tidak dapat berpuasa dikarenakan sedang sakit,atau sedang haid (bagi yg wanita),atau sedang dalam perjalanan jauh yg berkepanjangan.Jika memang pernah hendaknya menyegerakan mengqadha puasa sebanyak hari yg telah di tinggalkan.mumpung masih ada waktu beberapa hari kedepan sebelum memasuki bulan ramadhan .

Jika jumlah hari yang harus qadha’ puasa itu tidak diketahui lagi, misalnya lantaran sudah terlalu lama, atau memang,sulit diketahui jumlah harinya, maka alangkah bijak jika kita tentukan saja jumlah hari yang paling maksimum. Lantaran kelebihan hari qadha’ puasa adalah lebih baik ketimbang kurang. Dimana kelebihan hari qadha’ tersebut akan menjadi ibadah sunnat yang tentunya memiliki nilai tersendiri.

sebenarnya waktu dan kesempatan untuk melaksanakan qadha’ puasa Ramadhan sangat panjang yakni sampai bulan Ramadhan berikutnya. Sebaiknya qadha puasa dilaksanakan dengan segera karena tidak mustahil jika kita lupa.kalau sampai lupa pastilah itu menjadi dosa .jangan lupa ya....!!!!!!

32 komentar:

  1. Pertamax...alhamdulilah puasa thun2 kmaren gada yg bolong wal jd kada membaya hutang ni puasa tahun ini.

    BalasHapus
  2. (mungkin) karena waktu tenggang untuk membayarnya cukup Lama, jadi sebagian orang kadang menyepeLekannya. sampai akhirnya Lupa.
    bagus nih Om, postingannya. paLing tidak sebagai media pengingat bagi kita semua agar segera membayar hutang puasa.

    ngobroL:
    beLakangan ini banyak teman-teman ngebLog pada teriak tante aLexa susah "diet" padahaL berbagai upaya udah diLakukan, ngerasa enggak Om?.
    sebagai bLogger cuLun kayak kita-kita ini yang cuek bebek sama SEO dan aLexa, sepertinya biasa-biasa aja yah?. tiap hari tuh bodi si tante ramping terus, hehehe...

    BalasHapus
  3. @ARIEF:MANTAF WAL... BALUMAN GURING KANG ???
    @OM SEPI:SAMA TU BODYNYA OM JUGA MENYUSUT DRASTIS...LG PUASA G MAKAN YA OM...

    BalasHapus
  4. nih dapet bocoran dari googLe pagerank checker udah tembus di 169,379. ini juga udah sekian Lama baru ngecek Lagi, tadi baca postingan saLah satu teman yang teriak masaLah ini jai iseng-iseng ngecek.
    maka enggak usah ngejar-ngejar kayak begonoan yah Om, kaLo tuh tante sudah cinta sama kita-kita orang juga dia dateng sendiri. hihihi...
    mau bobo manis sebentar Lagi subuh, tatut kebabLasan.

    BalasHapus
  5. heheh
    iya
    puasa udah didepan mata
    aku gak punya utang insya allah

    BalasHapus
  6. bayar sudah... jangan sampe kelewatan masa setaun ga cukup...

    BalasHapus
  7. duh, manis bener sobat ku ini slalu mengingatkan kebaikan.. terima kasih.... hehehe ^_^

    BalasHapus
  8. hayoo siapa yang puasanya bolong2...

    BalasHapus
  9. Rutinitas pagi ke blog sahabatku tercayaang...
    Tengkyu gan atas peringatan yang diberikan.
    Alhamdulillah aku gak bolong gan

    BalasHapus
  10. biasanya yang suka ngutang cewe2 karena ada siklus resmi tiap bulan

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah ane lulus tanpa bolong, semoga ane dipertemukan dengan bulan suci ini dan mendapatkan ridho dalam menjalankannya, amin
    met aktivtas Kang, salam buat si kecil yang 10 bulan jangan banting laptop abi lagi yaaa

    BalasHapus
  12. setuju sahabat, ajakan yang sangat baik ...!

    BalasHapus
  13. alhamdulilah saya gak punya hutang tahun lalu,,,,, marhaban yaa ramadhan untuk semuanya,,,

    BalasHapus
  14. Betul tuh Sob, hutang ya hutang.. apa lagi ibadah harus dibayar tuh.
    thanks dah ngingetin yah. :-)

    BalasHapus
  15. Wah nda sudah bayar mank, waktu pas habis puasa semalam langsung lunas,

    Ikutan obrol tentang Alexa dunk
    @Sepupu ane juga ada protes kok tante alexanya nggak diet2, cuek adja lagian cuma sekedar angkat yang penting dah bekawalnya :)

    BalasHapus
  16. Alhmdulillah..saya ga punya utang puasa sob,, tp ada dukanya,, punya hutang ma temen blm dibayar sob.. ada yg bersedia byrin..?! hee...

    BalasHapus
  17. Hahha... iya ya Sob.. aku mah dulu bukan karna Sakit klo batal lebih kepada ajakan setan untuk Ngerokok dan berhung sekarang udh ga ngerokok jadi kayanya aman nie.. tinggal ajakn buat makan permen karet aja nie yg nyisa hhe....

    BalasHapus
  18. aku enggak ada utang lho alhamdulillah :D

    BalasHapus
  19. wah.. saya pengen berterima kasih nih sama bang etam krn sudah mengingatkan saya, sma skali saya ga kpikiran bwt lunasin puasa" yg sblmnya... makasi bang

    BalasHapus
  20. jangan lupa juga utang di warung ..hehehehe

    BalasHapus
  21. alhamdulillaah utang puasaku udah dibayar lunas hehe... biasa kodrat sbg perempuan:D tapi syukur alhamdulillah

    BalasHapus
  22. iya nih bang ,,,, untung ad yg ngingetin,,hehhee...thanks bang,,, :)

    BalasHapus
  23. Alhammduliilah tahun kemarin puasa saya full semua puasanya sob.. ga ada yang bolong.. hehe..

    BalasHapus
  24. syukurlah, gak punya utang gan ....

    BalasHapus
  25. ok sob, tahun kmrn bnyk yg bolong2 nih puasanya, ya insyallah tahun ini bs di bayar lunas, amin :)

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah... LUNAS bang. Tapi ntar paling Kredit lagi juga bang.. maklum wanita, hehehe..

    Maaf baru bisa silaturrahim. Salam ukhuwah...

    BalasHapus
  27. Baik hati sekali mengingatkan kita semua untuk bayar hutang puasa..^_^

    ngobrol :
    Mendingan dengerin lagu2nya Alexa aja deh... :D

    BalasHapus
  28. wah bener sob kalau ga dibayar trs lama² lupa jadi tambah banyak dnk dosanya hehe...
    Sukses Slalu!

    BalasHapus
  29. aku inga banget utang puasa aku,.
    taapii..
    g ada yg mau nemenin bayar puasa.. huaaa T_T

    BalasHapus