21 Jul 2010

KOPI LUWAK


Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan kopi luwak halal untuk dikonsumsi. Fatwa haram terhadap kopi asli Indonesia itu hanya berlaku bila biji kopi tidak dicuci sebelum diolah. Fatwa itu diterbitkan mengingat kopi luwak dikeluarkan melalui kotoran hewan.
Ketua umum MUI Ma’ruf Amin mengungkapkan, kehalalan kopi luwak itu menuai protes dalam rapat internal MUI. Setelah tiga kali rapat, MUI mengeluarkan fatwa halal terhadap kopi tersebut.,hukum haram tersebut bisa dihalalkan dengan menyucikan biji kopi sebelum diolah menjadi kopi siap seduh. Caranya adalah hanya dengan mencucinya seperti biasa.beliau mengatakan kotoran hewan luwak hanya bersifat najis ringan. Jadi cukup dicuci dengan air saja..

Kopi luwak termahsyur sebagai jenis kopi asli Indonesia. Biji adalah yang termahal di dunia, mencapai USD 200 (setara Rp 1,9 juta) per 1 kilogram. Karena diyakini berasal dari biji kopi terbaik dan telah difermentasikan secara alami dalam perut luwak .rasa kopi luwak ini memang berbeda dan spesial di kalangan penikmat kopi.
kopi luwak dibudidayakan dengan sengaja memberikan makan biji kopi kepada luwak. Saat luwak membuang kotoran, biji kopi tersebut dikumpulkan kembali. Selanjutnya, dicuci bersih, kemudian diolah sesuai dengan produknya.Asal prosesnya sah dan suci, kopi itu halal untuk dikonsumsi..
adakah diantara para sahabat grecek yang rutin minum kopi luwak ini...?

28 komentar:

  1. Sewaktu di Jember Jawa Timur, ane pernah disuguhi Kopi Luwak memang taste rasanya beda bangeeets. dan terlebih lagi rasa ngantuk langsung hilang sehingga semalam suntuk kami ngobrol tanpa embel-embel kantuk

    BalasHapus
  2. gw penasaran banget pengen minum kopi ini??? ada yang mau ngasih ga nih??? hehehe...

    BalasHapus
  3. memang beLakangan ini poLemik tersebut masih ramai dibicarakan dikaLangan masyarakat, waLaupun fatwa haLaL sudah tercetus. tapi tergantung kita saja yang menyikapinya.
    untuk harganya, wow fantastis. saya sih baru mampu untuk beLi kopi sachet aja, kecuaLi kaLo ada gratisan.
    terima kasih atas sharenya.

    BalasHapus
  4. @kang pakies:wah klo gitu bisa kaya lampu nh mata kang terus terang terang terus....
    @puguh:jiahhhh.biasanya jg ente rajin hunting...mn puguh yg aku kenal...

    BalasHapus
  5. wah...pernah minum beberapa kali om, tapi gak terlalu suka,aneh gak sie om nek kagak suka ma kopi luwak?kata orang enak, tapi kayaknya kok bagi ku gimaaaanaaaaaaaaaaaa gitu...kagak nahan

    BalasHapus
  6. yang di cari cari pecandu kopi ne...

    BalasHapus
  7. Ini kopi emang mantap wal....

    BalasHapus
  8. @denny:knpa den..rasanya g cucok gt
    @mahadma:baik untuk kedy lapang futsal...
    @arief:sip dah

    BalasHapus
  9. Aku suka kopi, tapi kayaknya kopi yg satu ini ga deh.. hehehehe

    BalasHapus
  10. saya baru dengar sekarang dan juga baru tau apa itu kopi luwak.

    keberulan nggak terlalu suka kopi sih, masala halal haramnya jika memang MUI memutuskan halal yang diikutin saja....

    BalasHapus
  11. syukurlab masih boleh atawa dihalalkan, cuma najis ringan kok qe3 akhirnya ... :D

    BalasHapus
  12. enak kali ya ni kopi
    jadi pengen nyobain

    BalasHapus
  13. He he.., kopi luwak ya
    saya pernah nyoba "Mantap !"

    BalasHapus
  14. Belum pernah nyobain kopi luwak, penasaran juga sih...
    Dengan harga sekitar 100.000 rupiah per cangkirnya, masih terlalu mahal buat saya :)

    BalasHapus
  15. Kunjungan pagi wal....semoga sehat selalu

    BalasHapus
  16. Ini kopi yg selalu menjadi perdebatan d kalangan tetua d lingkungan ane,wal...ada yg bilang, halal,makruh bhkan haram...

    BalasHapus
  17. pagi ngantuk, ngopi luwak dulu

    BalasHapus
  18. Belum pernah nyobain kopi luwak sob????emank rasanya kayak apa sob????

    BalasHapus
  19. kopi luwak ini kotoran binatang yahh,..sob..blom pernah tahu tuh denger juga baru ini *gaptek nih sob*

    BalasHapus
  20. rutinitas pagi gan.
    Kopi ya tetap kopi halal di konsumsi.
    Selama kopi luwak dicuci bersih dan najisnya hilang aku kira halal gan
    tengkyu

    BalasHapus
  21. belom pernah minum kopi luwak si, tapi agak eneg ngebayangin asal-usulnya..hehee..

    BalasHapus
  22. umy juga liat berita ini d tv mas etam,,,

    kayak apa sich rasanya,,
    nggak pernah coba,,

    BalasHapus
  23. rasanya kayak apa y?.blm prnh,..plg suka sh cm kopi ginseng or kopi instan biasa aja..heheh

    BalasHapus
  24. wihh ampe semahal itu,,, emang nikmat banget ya???

    BalasHapus
  25. wah kykny harus coba nih sob, sy srg dgr tapi ga pernah coba lum liat jg asliny kyk apa, kl ngopi sy emg hobi n kebiasaan, tp kopi asli bangka sm jenis cappucino sj :)

    BalasHapus
  26. salam,
    di negara saya juga membicara tentang kopi ini, malah bila sampai di Malaysia harga perkilo jadi RM1,500. sejujurnya saya pingin coba,cuma mahal sekali ya... patut ke Indonesia ni..hehe

    terima kasih

    BalasHapus
  27. ada yang mau ngasih gratisan ga,kirim dunk...penasaran kayak apa sih rasanya...?

    BalasHapus
  28. saya pernah tuh nyobain sekali-kalinya, emg beda rasanya sama kopi" biasanya, di perut jg ga bkin kembung, bener" nikmaaaat

    BalasHapus