12 Jul 2010

DONGENG UNTUK ANAK


Bercerita kepada seorang anak diyakini bisa membawa dampak yang lebih positif dibandingkan dengan membiarkan mereka mendengar dari media-media yang lebih modern.
Banyaknya pilihan media juga cenderung membuat orangtua membiarkan anaknya didongengi oleh film, acara TV, musik, buku, komik, internet, dan game yang belum tentu sesuai perkembangan usia mereka dan nilai-nilai yang ingin ditanamkan orangtua kepada anaknya.harus diingat adalah bahwa bercerita tidak sama dengan membacakan cerita.
Bercerita lebih dari sekedar membacakan cerita, dalam bercerita, itu berarti kita menghidupkan kembali kisah dengan menggunakan beragam keterampilan dan alat bantu, seperti lewat gambar, boneka, pengubahan suara, ekspresi wajah, gerak tubuh, menjadi sangat penting dalam proses bercerita.
Yang paling membedakan bercerita dan membacakan cerita adalah dimungkinkannya interaksi antara pencerita dan pendengar dari awal hingga akhir aktivitas bercerita.
jika keterampilan, alat bantu, dapat digunakan dengan baik, banyak manfaat yang bisa diperoleh anak, dan juga orangtua sebagai pencerita.
dengan berbagi dan menciptakan pengalaman bersama anak dengan melalui bantuan cerita secara tidak langsung dapat mengembangkan kemampuan anak menafsirkan peristiwa yang ada di luar pengalaman langsungnya.

Anak tidak perlu mengalami sendiri kejadian-kejadian berbahaya untuk memahami adanya bahaya..
Untuk itu kita sebagai orangtua dituntut untuk dapat memperkenalkan pola bahasa lisan kepada anak.Karena seorang anak butuh pengalaman yang luas mengenai bahasa agar bisa belajar membaca dan menjadi pembaca yang unggul.Dengan bercerita, berarti orangtua telah membantu anaknya mengembangkan kemampuan pengelolaan dirinya melalui pemberian struktur bagi khayalan dan fantasinya.

18 komentar:

  1. si kancil mencuri ketimun...

    BalasHapus
  2. si kancil dan si buaya........

    BalasHapus
  3. heheh...tiap mau bobok si kcl pst minta diceritain alias didongenin,smpe bingung ibunya kehbsan stok, akhirnya ngrang crita sendirilah..xixi yg pntg s kcl happy...pagi teman..tq

    BalasHapus
  4. si kancil anak nakal suka mencuri ketimun, ayo lekas dikurung jangan diberi ampun

    BalasHapus
  5. wah kancil nyolong timun
    keren sob
    terima kasih

    BalasHapus
  6. anak dalam perkembangannya tetap harus membutuhkan bimbingan. Kesantunan dan keshalehan pada umumnya terambil dari pembelajaran dan teladan di rumah. Memberikan cerita adalah salah satu sarananya

    Kang, Kalo script silaturrahim ada masalah tolong kasih impo ya

    BalasHapus
  7. ...Nice Post Bradderr...

    Tapi aku setuju ama beberapa pendapat yg bilang kalo dongeng si Kancil yg cerdik dan suka mencuri mentimun itu bisa berdampak buruk...

    Menurut pendapat siiihhh...
    Kalo waktu kecil aja udah diceritain tentang kecerdikan untuk mencuri...
    gag heran kalo ntar gede nya malah jadi koruptor...

    Tapi tergantung yg nge-dongengin juga c... yg penting harus ditekankan ke anak-anak kalo mencuri itu gag baik... (^^)v

    BalasHapus
  8. Lah...ini dia ada yg baru gan.
    Tak tungguin dari tadi subuh kok blm muncul yg baru.sampe uda brgkt krja gan gan.
    Bisa gila aku gan jika gak ada bacaan pagi di blog ini.Suntuk dan gak pede rasanya....

    Rutinitas pagi gan.
    Kalo menurutku sich tetap dan selalu lestarikan dongeng untuk anak ini biar tetap ada sepanjang masa.

    BalasHapus
  9. Berguna bgt untuk ntr klw udh punya anak...thanks nih bekal nya.

    BalasHapus
  10. Berkunjung pagi.
    Gambarnya kancil cocok bt cerita ke anak

    BalasHapus
  11. zaman kecik suka dengar cerita bila mau tidur..

    BalasHapus
  12. dongeng sebelum tidur... ceritakan yang indah... (wayang mode:ON)

    BalasHapus
  13. Wah si kancil dongeng yang paling terkenal tuh......Anaknya Mas Didongengin apa toh biasanya???

    BalasHapus
  14. ::Salaman Dulu::
    Kalau anak saya tiap kali saya kasih dongeng pasti bilang gini "uuuuudaaaahhh pernahh", he he saya sampe bingung mau dongeng apa lagi, tiap kali saya dongengin Cinderella, pasti gitu bilangnya...
    ::Salam Hangat::

    BalasHapus
  15. Wah dongeng ya Sob.....aku juga waktu kecil serig di dongengin biarpun ayahku ga pernah jelas klo cerita tapi ya bagus juga buat melatih anak berkhayal wkwkwk

    BalasHapus
  16. keknya klo skr ini jarang banget ortu kita bercerita pada kita, dlu aja saya jrg banget dikasi cerita" sama ortu, bagusnya sih gt, drpd di media tivi yang acaranya jarang skali yg mendidik

    BalasHapus