29 Jul 2010

TRADISI MENJELANG RAMADHAN


Di Indonesia, ada ‘tradisi’ yg terlihat sepele, namun selalu dilakukan menjelang Ramadhan. Sayangnya tradisi ini, sepengetahuanku, sifatnya (maaf) hanya angin_anginan. Dengan kata lain, sifatnya sementara…hanya menjelang Ramadhan. Setelah Ramadhan, yaaa…kembali ke ‘default’ semua. :(

“Tradisi” yg aku maksudkan adalah:
- Penertiban minuman keras di warung-warung/kedai-kedai (sayangnya penertiban ini hanya dilakukan menjelang Ramadhan. Padahal seringkali kejahatan akibat minuman keras, justru terjadi di luar bulan Ramadhan. Mestinya, ini saran, pak polisi lebih sering merazia di luar bulan Ramadhan:));

- Penangkapan + penyuluhan terhadap para wanita tuna susila (ini juga idem ditto seperti poin di atas. Hanya semarak, bahkan bisa dibilang sporadis, saat menjelang bulan Ramadhan. Setelah Ramadhan, mereka berkeliaran lagi.)

- Perubahan tampilan para artis. Yg semula buka2an, sekarang berjilbab, pokoknya ‘nampak soleh(ah)’. (maaf jika aku terkesan menghakimi mereka. INI FAKTA!!! Yg biasanya pamer aurat, rame2 pake jilbab, memberi kesan bahwa … ah, sudahlah, aku tidak mau banyak bicara untuk urusan ini.);

- Ramainya sms-sms dan email-email berisi permintaan maaf menjelang Ramadhan (minta maafnya cm momen tertentu)

- Sulitnya memperoleh barang-barang pokok/stok berkurang (para pedagang berusaha menumpuk barang2 pokok/kebutuhan sehari-hari, demi menunggu kenaikan harga barang2 tersebut.)

- Kenaikan harga-harga barang-barang pokok (mungkin ini satu-satunya ‘peristiwa’ yg tidak kembali ke ‘defaultnya’. Jika kita perhatikan, terkait dg poin sebelumnya, kenaikan barang2 terjadi karena para pedagang berusaha mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.);

- Ramai2 ziarah ke kubur (aku belum faham nh knp bisa jd tradisi)

- Penertiban bar, panti pijat, dan tempat-tempat maksiat lainnya(sayangnya, masih banyak yg melanggar, meski sudah ada peraturannya.).

mungkin di daerah lain ada "tradisi"  yg lebih unik lg menjelang ramadhan....

45 komentar:

  1. iya kawan, memang sifatnya cuman sementara, klo dilihat bukan hanya dari pihak pengecer alkohol, wanita tuna susila atau pelaku-pelaku yang menyimpang, akan tetapi dari pihak berwajib pun terkadang melakukan hal yang kurang etis menjelang ataupun selagi puasa berlangsung apalagi hari-hari biasa...

    jadi saya rasa memang susah / repot untuk membiasakan tradisi yang seperti ini...

    BalasHapus
  2. betul sekali sob, semua serba instant. Kita hanya bisa berdoa semoga mereka semua mendapatkan hidayah. Pasti akan muncul banyak sekali Jilbab Funky (apa itu? ayo kita buat postingan khusus Jilbab Funky). Atas pake jilbab, bawah celana ketat dan sejenisnya.
    Posting yang mangstaf Kang

    BalasHapus
  3. haha..iya juga ya..tapi saya tidak mau mikirin hal itu..mending mikirin diri sendiri aja, dapatkah kita berubah jadi lebih baik di bulan ramadhan dan seterusnya?

    link anda sudah terpasang dan sudah saya follow juga..
    terima kasih banyak kawan !

    BalasHapus
  4. huuhh,,bang paling cuma pas ramdhan aja,,hehe

    BalasHapus
  5. hehehehe...saya hanya melihat apa yg ada....

    BalasHapus
  6. tradisi anget-anget..ntar juga dingin lagi

    BalasHapus
  7. kalo di kampung aku musimnya dar der dor petasan sama tetangga2 yang buka warung jajan dadakan.. :)

    BalasHapus
  8. thnks ilmunya sob bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi saya sendiri..
    teruslah membuat artikle yang bermanfaat semangat happy blogging..
    bila berkenan kita tukeran link yahh..kalau mau comment di bloggku yah.. thnks sebelumnya

    BalasHapus
  9. Kalau aja tradisi ini ga hanya saat Ramadhan...hmmmm....

    BalasHapus
  10. kangen berkunjung kemari mas Etam Grecek....oh ya ada awardnya, bila berkenan mohon dijemput awardnya, terima kasih

    BalasHapus
  11. hmmm memang demikian adanya sobat, secara umum sama malah dikotaku bulan ramadhan selalu disambut dengan ramainya para pedagang petasan hehe..

    Sukses Slalu!

    BalasHapus
  12. kalau untuk penertiban warung miras maupun diskotek emang itu udah jadi berita hangat menjelang bulan Ramadhan tapi sesudahnya ya begitulah..kambuh lagi....

    BalasHapus
  13. di daerah saya, daLam kondisi seperti itu mendadak dangdut eh bukan. maksudnya mendadak pada insap semua, tapi nanti maLam takbiran pada kambuh semua sampe waktu shoLat ied pada enggak hadir karena pada masih teLer.
    mungkin ini udah membudaya kaLi yah, tapi tergantung individunya juga sih. nih contohnya yang Lagi komentar sekarang udah insap, hihihi...

    BalasHapus
  14. Rutinitas pagi gan selamat beraktifitas.
    Memang bermacam2 tradisi menjelang lebaran di tiap daerah gan

    BalasHapus
  15. Yup... btul tul tul.. tradisi tu cm ada dibulan rhamadan,,, tp lumayan lah drpd ga sama skali,, he...

    BalasHapus
  16. pagi Om. meLaporkan dari BMG bahwa kondisi cuaca jakarta tidak menentu, kadang mendung, kadang tiba-tiba hujan, kadang panas, dan kadang-kadang Lainnya deh.
    seLamat beraktifitas.

    BalasHapus
  17. banyak pulang urang bejualan jajak...

    BalasHapus
  18. Betul shob .... itu hanya terjadi menjelang dan sekitar romadhon ... setelah itu ?????

    BalasHapus
  19. Ramadhan tinggal menghitung hari sob,,,ingin mempermantab keimana, dan memohon ampun kepada Allah SWT.....

    BalasHapus
  20. coba aja tiap bulan itu bulan Ramadhan....
    pasti makmur deh negara ini... <<diluar sifat2 yang tadi

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah sob mereka mash sadar, walau hanya satu bulan. Mudah2 mereka bisa sadar dan selalu terus begitu

    BalasHapus
  22. ada tradisi tambahan...

    1. bnyak sinetron religi
    2. band - band rebutan buat album religi
    3. iklan sirup dan minuman yang menggiurkan jadi bnyak
    4. ibu - ibu beramai - ramai nyetok gula, minyak, dll..
    5. warnet jadi rame, nungguin buka puasa.

    Hehhehe itu juga tuh bnyak terjadi..

    semoga tradisi yang baek-baek berlanjut ga hanya di bulan puasa yak...

    Best Regards,
    Tito's Weblog

    BalasHapus
  23. perasaan tampilanku ga berubah tuh???? hehehe....

    BalasHapus
  24. bener banget Sob... cuma kebiasaan angin2an hhe..... rame2 ng'gerebek Club, rame2 pakle baju Muslim, rame2 sms maaf, dll... tapi setelah itu serasa ga pernah ada yg terjadi haha....

    Indonesia banget tuh....

    Semangat N happy blogging SOb..

    BalasHapus
  25. Lha ya itu sob, seharusnya tradisi yang baik itu dilanjut di bulan bulan berikutnya. Ramadhan kan hanya display/contoh saja bagaimana seharusnya kita berperilaku yang nantinya buat bekal 11 bulan berikutnya.

    Salam ukhuwah...

    BalasHapus
  26. biasanya ramadhan ... identik dengan maen petasan..
    he..he.. kyak di ciamis mas...

    BalasHapus
  27. sama aja sob kl gt, d jgj gt jg koq, penertiban serentak sperti itu ya cm pas mau jelang ramadhan aja, sharusnya kan pd hari biasa2 ja hrs ketat... :)

    BalasHapus
  28. hihi9
    yang sabar ya mas..
    [ngipasin mas etam yang kepanasan gara2 nulis ini, heheu.. becanda yak ;)]
    yah gitu deh, emang angin-anginan
    kadang aku juga masih suka angin2an, kalo pas ramadhan jadi agak beres juga, heu...


    selamat hari jumat, mas
    semoga hari ini menyenangkan :D

    BalasHapus
  29. mungkin mmg lebih afdol haha... paling seneng padusan klo dikampung.. Thanks!

    BalasHapus
  30. harus diakui ada kesan temporer, andai saja itu terus berlangsumg mungkin akan lebih baik ...

    BalasHapus
  31. Tukeran link yuk..link kamu dah dipasang di blog aku di Bolehngeblog, coba periksa di widget "Blog Teman", kalo belum muncul klik tulisan "Perlihatkan semua" di bawahnya

    salam
    http://bolehngeblog.blogspot.com

    BalasHapus
  32. oya salam hangat dari FOUR DREAMS sob :)
    aku akhirnya login dan blogwalking juga nih, setelah kemarin menghilang :)

    BalasHapus
  33. wahaaa gambarnya kocak bang, bener tuh bang. dikit lagi puasa bang :)
    kangen bulan ramadhan, oya bang etam ganti template lagi :) keren keren

    BalasHapus
  34. iya nih, kenyataannya hal yg begituan hanya berlaku musiman saja, penindakan tidak dilaksanakan semestinya jiga harus selalu dilakukan bulan Ramadhan saja, heran

    BalasHapus
  35. Tradisi diatas emang sering dilakukan, mungkin karena menghormati Bulan Yg Suci ini kali sob.. Tapi kalo tradisi Bikin Postingan Marhaban Ya Ramadhan di Blog, bukan tradisi yg anget2 tai ayam kan sob? Hehehehe..

    BalasHapus
  36. bener banget om...tapi ditempat saya ada tradisi sebelum ramadhan juga om, sebelum puasa pasti ada acara "ndadangan" kalau orang kudus bilang,yaitu tradisi orang jualan dipinggir jalan om,tradisi peninggalan dari sunan kudus,heheheehe

    BalasHapus
  37. Asslm,,,,

    Kunjungan Balik nih Sob,
    Thanks ya udah Berkunjung ke Rumahku...hehehe
    Rumahnya (Blognya...red) tambah oke aja,
    Gak bosen deh saya sempatkan untuk Datang ke Sini lagi..!!

    Sob saya punya Blog baru nih,
    Sempatkan untuk berkunjung ya, ini Rumah Baruku...
    http://obatjerawatalami.blogspot.com
    http://bajumuslimmuslimah.blogspot.com
    http://pakaianbajupengantin.blogspot.com


    Salam Blogger, Sukses Menjalin Silaturahmi....


    Wassalm,,,,

    BalasHapus
  38. tradisi baru yang dilakukan pemerintah dengan memblokir situs dengan keyword tertentu di bulan ramadhan juga sangat positif, moga aja efektif

    BalasHapus
  39. Rutinitas pagi gan.
    Mak nyus tenan belum ada yg baru.
    Sedih rasanya gan

    BalasHapus
  40. hm, biasanya cuma di awal2 bulan saja, setelah itu ya balik lagi.... ironis ...

    BalasHapus
  41. iya nih... adat menjelang puasa tetap ada aj.. hehe

    BalasHapus
  42. met malam minggu mas etam,,
    umy berkujung ni,,
    hehehhe

    bener banget ni post,,
    dsemua daerah pasti begitu

    BalasHapus
  43. udah lama gak comment di sini nih bang :D
    iya bang bener banget... tanpa di sadari kita juga ngelakuin beberapa dari tradisi tersebut :p

    BalasHapus
  44. iya juga yah , kebanyakan berubah hanya mau raamadan aja.. abis itu balik lagi.. ke semula...

    makasiatas infonya

    BalasHapus