23 Jul 2010

PERJUANGAN HIDUP


Seseorang menemukan kepompong seekor kupu. Suatu hari lubang kecil muncul. Dia duduk mengamati dalam beberapa jam calon kupu-kupu itu ketika dia berjuang dengan memaksa dirinya melewati lubang kecil itu Kemudian kupu-kupu itu berhenti membuat kemajuan Kelihatannya dia telah berusaha semampunya dan dia tidak bisa lebih jauh lagi. Akhirnya orang tersebut memutuskan untuk membantunya. Dia mengambil sebuah gunting dan memotong sisa kekangan dari kepompong itu.
Kupu-kupu tersebut keluar dengan mudahnya. Namun, dia mempunyai tubuh gembung dan kecil, sayap-sayap mengkerut. Orang tersebut terus mengamatinya karena dia berharap bahwa, pada suatu saat, sayap-sayap itu akan mekar dan melebar sehingga mampu menopang tubuhnya, yang mungkin
akan berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Semuanya tak pernah terjadi. Kenyataannya, kupu-kupu itu menghabiskan sisa hidupnya merangkak di sekitarnya dengan tubuh gembung dan sayap-sayap mengkerut. Dia tidak pernah bisa terbang.

Yang tidak dimengerti dari kebaikan dan ketergesaan orang tersebut adalah bahwa kepompong yang menghambat dan perjuangan yang dibutuhkan kupu-kupu untuk melewati lubang kecil adalah proses Alami yang di gariskan Allah SWT, untuk memaksa cairan dari tubuh kupu-kupu itu ke dalam sayap-sayapnya sedemikian sehingga dia akan siap terbang begitu dia memperoleh kebebasan dari kepompong tersebut.

Pesan Moral
Kadang-kadang perjuangan adalah suatu yang kita perlukan dalam hidup kita. Jika Allh SWT membiarkan kita hidup tanpa hambatan perjuangan, itu mungkin justru akan melumpuhkan kita. Kita mungkin tidak sekuat yang semestinya yang dibutuhkan untuk menopang cita-cita dan harapan yang kita mintakan.
Kita mungkin tidak akan pernah dapat “Terbang” Sesungguhnya Allah SWT itu Maha Pengasih dan maha Penyayang. Kita memohon Kekuatan…Dan Allah SWT memberi kita kesulitan-kesulitan untuk membuat kita tegar. Kita memohon kebijakan…Dan Allah SWT memberi kita berbagai persoalan hidup untuk diselesaikan agar kita bertambah bijaksana.
Kita memohon kemakmuran…Dan Allah SWT memberi kita Otak dan Tenaga untuk dipergunakan sepenuhnya dalam mencapai kemakmuran. Kita memohon Keteguhan Hati…Dan Allah SWT memberi Bencana dan Bahaya untuk diatasi. Kita memohon Cinta…Dan Allah SWT memberi kita orang-orang bermasalah untuk diselamatkan dan dicintai.
Kita memohon Kemurahan Kebaikan Hati…Dan Allah SWT memberi kita kesempatan-kesempatan yang silih berganti. Begitulah cara Allah SWT membimbing Kita… Apakah jika saya tidak memperoleh yang saya inginkan, berarti bahwa saya tidak mendapatkan segala yang saya butuhkan?
Kadang Allah SWT tidak memberikan yang kita minta, tapi dengan pasti Allah SWT memberikan yang terbaik untuk kita, kebanyakan kita tidak mengerti mengenal, bahkan tidak mau menerima rencana Tuhan, padahal justru itulah yang terbaik untuk kita.

15 komentar:

  1. yeahhh... PERTAMAX... hidup itu adalah perjuangan kalo kata ahmad *****

    BalasHapus
  2. Ular anakonda ketika melahirkan sangat banyak sekali, namun hanya 5 persen yang tumbuh dewasa. Perjuangan seekor ular yang sangat besar ternyata tidaklah mudah untuk survive ketika masa kecilnya.

    BalasHapus
  3. Sip,. setuju. Rasanya hidup kurang lengkap juga kalau tanpa rintangan dan perjuangan. Bagaikan main PS dengan menekan cheat yang sungguh membosankan.

    BalasHapus
  4. >Assalamualaikum, SUgeng enjing Kang (selamat pagi Bang)
    >belajar dari kehidupan kepompong bahwa kesabaran dan proses perenungan yang panjang (masih dlm bentuk kepompong) apabila dijalani dengan ikhlas sesuai sunatullah, maka pada saatnya akan menghasilkan tujuan yang indah dan istimewa (munculnya kupu)
    >bahwa menolong kesulitan orang lain membutuhkan kearifan yang disesuaikan dengan kondisi yang di tolong
    >bahwa apa yang baik menurut kita belum tentu baik baik yang lain demikian sebaliknya

    BalasHapus
  5. Wah grecek, postingnya hebat benar euy... memang hidup ini perlu sebuah yang namanya proses, pada saat menjalankan proses itulah sebetulnya sebuah kenikmatan dibandingkan ketika kita telah memperoleh hasilnya.... Semangat Pagi!!! ^_^

    BalasHapus
  6. wah kupu-kupu emang menyimpan banyak hikmah.

    BalasHapus
  7. Ini yg sy bnr2 butuhkan pagi ini!..tnx teman, mmg tdk ada yg bs melawan takdir Allah, just flow as it is..ttp semangat dan positif thinking thd rencana Allah. Great Post!...

    BalasHapus
  8. Hidup ini perjuangan, seperti kita para blogger berjuang untuk mendapatkan PR,,,,,wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  9. slamat pagi semuanya......

    BalasHapus
  10. Hidup adalah perjuangan.....
    Perjuangan paling Utama dalam HIdup adalah Berjuang untuk tetap bisa hidup detik-demi detik kehidupan.....

    Salam Hangat Secangkir Teh,
    Suara Petualang

    BalasHapus
  11. berjuang untuk hidup...ada jg hidup truz berjuang...hehehehe

    BalasHapus
  12. Begitu berat perjuangan hidup kupu2,dri ulat menjadi kepompong,dri kepompong jd lah kupu2...thnxs persan moral nya wal jd renungan bwt kta smua..met braktifitas

    BalasHapus
  13. mantaaab renungannya, istilah inggrisnya kurang lebih begini "No pain No gain" :)

    BalasHapus
  14. Kita sama2 berjuang Sob.... ga ada yang Instan........semua butuh perjuangan dan pengorbanan..........

    BalasHapus