8 Jun 2010

TIPS MEMILIH MAINAN ANAK

MEMILIH mainan anak gampang-gampang susah. Salah pilih, akibatnya bisa runyam. Bila permainan terlalu rumit anak bisa stres. Ini lambat laun akan berdampak buruk bagi perkembangan emosinya. Sebaliknya, permainan yang terlalu mudah pun tak membawa manfaat bagi mereka. Karena interestnya berkurang dan tak merasa tertantang. Paling penting dalam memilih mainan untuk anak adalah yang dapat merangsang semua panca inderanya.

Semakin banyak panca indera digunakan, sel-sel otak anak akan lebih banyak berkembang dari segi kualitas dan jumlahnya. Jangan remehkan sepeda roda tiga. Kata Taufan, dari penelitian yang dia himpun, sepeda roda tiga mampu merangsang seluruh panca indera. Komposisi gerak dan visualnya akan semakin terasah.

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih mainan untuk anak:

1. Orangtua perlu tahu tahap-tahap perkembangan anak, baik usia, emosi dan fisiknya.
2. Peduli terhadap mainan yang digunakan. Jangan asal beli yang mahal, sesuaikan dengan kemampuan anak.
3. Keamanan alat bermain perlu diperhatikan, baik dari bahan (materil dan catnya) dan kinerja alat tersebut (yang menghindari cedera ketika digunakan).
4. Pilih mainan yang berwarna kontras dan cerah, untuk merangsang indera penglihatan anak.
5. Pastikan semua mainan dalam jangkauan anak, agar terhindar dari cedera ketika anak berusaha mencapainya.
6. Anak di usia enam bulan keatas suka mainan yang mengeluarkan bunyi dan benda berwarna seperti genta, bel, lonceng mini, gambar penuh warna maupun benda berteksturlembut.
7. Beri mainan seperti lego dan sejenisnya yang mempunyai variasi bentuk pada anak usia 9 bulan keatas, atau mainan serupa yang dapat dimainkan sewaktu mandi.
8. Tak perlu mainan mahal untuk anak Anda. Si kecil butuh stimulus untuk merangsang kreatifitasnya, dan ini bisa anda lakukan dengan membuatnya sendiri. Tentu, kreatifitas Anda yang diperlukan.

bontang,kaltim

22 komentar:

  1. berhubung aq blm punya anak, kupikir mainan yang cocok untukku, playstation online, bisa kuwariskan ke anakku nanti, hehehe.

    BalasHapus
  2. iy kalo gag hati2 memilih bs bahaya

    BalasHapus
  3. @buret:kalo nanti mngkin ada game yg lbh canggih sob...
    @tukang colong:apalagi klo milih main api...

    BalasHapus
  4. tips yang bermanfaat Mas Etam.... anak2 jaman sekarang mnt ampun deh klo bermain..... kadang aneh2 banget.....

    BalasHapus
  5. mereka jg ngikuti perkembangan kang...

    BalasHapus
  6. klo blm punya anak gmn ne mo pilih mainan...

    hehehehe...

    BalasHapus
  7. main sama pak lek mainannya aj...

    BalasHapus
  8. Nanti posting game pendidikan anak yg download gratis ya....

    BalasHapus
  9. ada to...okedeh ntr ke TKP..thanks infonya

    BalasHapus
  10. dapat ilmu lagi nie aku om...terima kasih

    BalasHapus
  11. point-7, permainan Lego itu apa om?, kaLo menurut bahasa jakarta Lego=juaL.
    mengenai harga mainan, setuju dengan point-8. tidak perLu mahal yang penting inti dari permainan itu bertujuan ada unsur pendidikannya.

    BalasHapus
  12. mantaf boz...

    salam berkawand...

    BalasHapus
  13. @deny:thanks jg..
    @om rame:kalo lego di daerahku tuh semacam pemainan balok yg biasa di susun di jadikan suatu bentuk misalnya buat mobil''an,rumah''an ya sejenisnya...
    @anggar:salam kenal jg..

    BalasHapus
  14. ouwww itu tuh, terima kasih atas jawabannya.
    memang om itu permainan yang sangat membantu untuk merangsang imaginasi anak-anak (katanya, soaLnya saya beLum istri, apaLagi punya anak. hehehe....).
    ---------------
    jawaban pertanyaan interviewer dengan Mr. Grecek:
    "biLa saya diberi kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan ini, saya kira Lebih tertarik untuk memprioritaskan kontribusi kepada perusahaan".
    -------------
    Lalu Mr. Grecek bertanya Lagi:
    "kontribusi apa yang akan anda berikan kepada perusahaan ini?".
    jawaban saya:
    "sekuat tenaga dan pikiran saya akan berupaya untuk bekerja dan memberikan serta mengembangkan segala kemampuan".
    ------------
    kira-kira kaLo Mr. Grecek sebagai interviewernya, saya diterima kerja di pupuk kaLtim enggak nih?. hehehhe..........

    BalasHapus
  15. pilih mainan memang harus hati-hati, apalagi dari bahan yang berbahaya

    BalasHapus
  16. @om rame:sebenarnya saya ingin sekali membawa anda bergabung dalam perusahaan ini,dan kemampuan yg anda miliki sesuai apa yg kami butuhkan...
    bila mmng anda tertarik bergabunglah dan tunjukkan semua potensi yg anda miliki dmi kemajuan perusahaan ini...
    @mixedfresh:betul sekali tuh..

    BalasHapus
  17. sayang anak ... sayang anak ... seribu tiga ....

    BalasHapus
  18. thanks atas info yg berguna ini....

    BalasHapus
  19. blum pnya ank neh bang ane,
    hehe....
    buat tips msa dpan aja.hehe

    BalasHapus
  20. @pak liek:ada bakat nh liek...
    @eddy:thanks jg sob
    @indra:di save..

    BalasHapus
  21. tips yang sangat bermanfaat. thanks

    BalasHapus