13 Jun 2010

3 KATA YANG TIDAK PERLU DALAM POSTINGAN

TOLONG DI BACA DULU,
Sebagai blogger kita idealnya menulis secara baik dan benar. Disadari atau tidak, banyak juga blogger yang mengabaikan hal ini. Akibatnya, postingannya terkesan tidak profesional. Salah satu ciri postingan seperti ini adalah dihiasi dengan kata-kata yang sebenarnya tidak perlu.
Dalam pengamatan saya, kata-kata yang tidak perlu itu antara lain:
1. He he he
He he he adalah perwujudan cengengesan si penulis. Sebenarnya, kata ini tidak diperlukan dalam postingan. Mengapa? Selain tidak ada gunanya, juga bisa diganti dengan emoticons secara proporsional.


2. Kata-kata yang dicoret
Sebagai gambaran, perhatikan kalimat berikut: saya bertemu dengan seorang blogger yang baik hati dan tidak sombong. Kata yang dicoret ini tidak perlu ada dalam postingan karena tidak ada manfaatnya dan mengganggu kenyamanan pembaca.


3. Kata-kata format SMS
Jenis kata ini biasanya berupa singkatan dan kata-kata gaul. Contohnya: keknya, P4k, dgn, sy, dan sebagainya. Kata-kata ini tidak perlu ditampilkan dan seharusnya diubah ke aslinya karena kapasitas postingan yang tidak terbatas.


Ketiga contoh di atas hanyalah sebagian kecil kata-kata yang tidak perlu ada dalam postingan. Masih banyak kata-kata yang lain. Jika Anda mengetahuinya, silakan menginformasikannya di bagian komentar.

saya coba REPOST nh,karena saya betul'-betul terkejut dengan adanya artikel ini.seperti biasa setiap orang yg komentar di blog etam grecek menjadi prioritas kunjungan saya.dan kebetulan postingan sebelum ini yg membahas awards dari akmal fahrurizal,ada salah satu sahabat yg berkomentar dgn nama JANGAN GUNAKAN TIGA KATA INI DALAM POSTINGAN. dan setelah saya buka langsung menuju halaman ini.lalu saya baca seksama.harus begitukah.... maklum saya baru 2 bulan ngeblog nh jadi masih banyak yg belum di ketahui.dan terima kasih atas infonya.semoga saya bisa belajar dengan cara yang benar.Bagaimana pendapat para sahabat akan poostingan itu?

29 komentar:

  1. mengamankan pertamax duLu, oh yea!!!

    BalasHapus
  2. oh gitu y gan ,, saya baru tahu .. :D

    BalasHapus
  3. @om rame:pendapatnya om
    @rahasia:sama sob...

    BalasHapus
  4. eh gan punyaku banyak format sms gan
    gimana tuh?

    BalasHapus
  5. apakah harus aku hapus gan

    BalasHapus
  6. sy sih esay going aja,..
    tergantung blognya jenis apa, kalo kyk sy yang personal blog, bebeas mengekspresikan diri sesuka saya asal gag SARA dan SARU.

    BalasHapus
  7. ya iyalah ga pake format sms tar dibilang alay lagi he...he...he

    BalasHapus
  8. @bung tomo:gak ngerti jg nh..
    @tukang:betul jg tuh sob
    @dgung:yg lbh mantap lg kan masukannya...

    BalasHapus
  9. itu'kan kalo di dalam postingan sob.., lha kalau di dalam memberikan komentar gimana menurut sobat...??? boleh ga, tapi he..he..nya itu bukan bermaksud menyindir melainkan lucu/bercanda. kalau ga boleh bisa stress nich sob, masa harus serius terus??? he..he..

    BalasHapus
  10. lha mlh nnya aq,,aq yg mnta pndapat sob,krna aq dpt yg begituan...

    BalasHapus
  11. oh ini toh yang membuat diri mu gundah, saudara ku yang jauh di mata dekat di hati. jauh dekat 2000rp, untuk tarif jakarta.
    --------------
    berdasarkan request, saya jawab nih. mohon maaf tidak ditujukan kepada siapapun, meLainkan hanya untuk penuLis postingan ini.
    --------------
    **pada point 3 setuju, karena menyuLitkan pembaca untuk memahami sebuah artikeL/tuLisan.
    **pada point 1 dan 2 kurang setuju om. aLasannya, suLit kiranya mengarahkan makna sebuah tuLisan tanpa menggunakan point ini. mungkin kaLo di dunia nyata menggunakan bahasa Lisan yang diperkuat dengan bahasa tubuh, sedangkan pada artikeL hanya mengandaLkan bahasa tuLisan.
    jadi kaLo tidak menggunakan fasiLitas tersebut agak suLit untuk mengarahkan bahwa tuLisan yang maksud becanda atau serius.
    menurut saya yang penting penempatannya sih, kaLo untuk ditempatkan pada pemabahasan yang serius, yah hendaknya jangan digunakan.
    tapi kaLo sekedar menuLis untuk ceLoteh atau kisah sehari-hari, saya kira enggak ada saLahnya. maksudnya (2 point) itu untuk memperkuat makna dan arahan bahasa tuLisan kita.
    mungkin om_etam bisa perhatikan beberapa tuLisan saya atau para penuLis senior kita (dengan tema sosiaL/umum), begitupun aLunan komentar-komentar dari para pembaca dimasing-masing postingan tersebut.
    **konsep bLog juga mempengaruhi penggunakan haL di atas, karna konsep bLog hanya sebagai bLog sosiaL dengan berbagai LabeL/kategori, maka penggunaan bahasa dan cara penuLisan disetiap postingan pada masing-masing LabeL sebut tentunya berbeda.
    coba perhatikan konsep bLognya sahabat muzzy_mustofa. karna konsep bLog beLiau adaLah tutor, maka penggunaan bahasa dan tata cara penyampainya pun memperhatikan point di atas.
    coba perhatikan bLognya miss_rinda, karena bLognya hanya sebatas catatan harian dan hanya sebagai teman peLepas LeLah, serta cuma mau numpang ngetop. maka bahasa dan tata cara penyampainya enggak memperhatikan point itu. makLumLah miss_rinda kan artis "berkeLas di bawah papan", jadi kita makLumi aja kaLo agak-agak tebar pesona. soaLnya beLiau Lagi kaLah rating tuh sama cut_tari dan Luna_maya. wkwkwkwk....
    ----------------
    **yang paLing penting adaLah saLing menghormati dan menghargai setiap asumsi seseorang.
    mumpung orang udah saya sebut-sebut beLum dateng, kabuuuuurrr. piss ach.

    BalasHapus
  12. yang nomer tiga yang harus bener-bener dijauhi ...
    untuk yang nomer satu, dua, empat, lima, enam, tujuh ... karena nomer tiga sudah dibuang ... tergantung dengan gaya dan isi tulisan mereka...

    BalasHapus
  13. sebelumnya mav bang Etam klo gak enak dihati, klo sy kurang setuju point no 1. mungkin kata2 "hehehe" bisa diartikan mengajak para pembaca untuk lebih santai dan bercanda. itulah guna "hehehe".
    buat para blogger lainnya yg gak punya fasilitas emoticons tidak ada salahnya menggunakan "hehehe". seperti saya ketika ingin mengajak pembaca lebih santai... kiranya boleh nih pke "hehehe" biar lebih santai :)

    BalasHapus
  14. Wow... kritis sekali, repost jg g papa gan yg pnting ada sumber. sedikit unjuk rasa nih.. =))

    Untuk bagian pertama mungkin ane krn stuju,ngga semua blogger tau cara masang emoticon yg tnggl klak klik dalam postingan, kata hehehe atau wkwkwk biasanya bikin pembaca agak nyantai baca artikel (asal jgn jayus) terakir, emotkan image kalo postingannya butuh banyak ketawa ketawaan terus emotnya pake gambar seukuran emot momod kaskus trus banyak gimana dong? loading blog tambah lambat dong kasian para pembaca dengan koneksi net lemot ~x(. Sisanya ane stuju semua kok.. paling stuju yg ketiga :)

    sedikit tambahan: ane pengguna kata wkwk, hehe, dan emot lho.... :p
    Nice post gan....

    BalasHapus
  15. kalau buat komentar boleh g om grec?
    or gak boleh?

    BalasHapus
  16. maaf om, komentar saya tadi tanpa baca postingannya terLebih duLu, maaf yah. soaLnya baru tau nih kaLo di atas ada tuLisan "TOLONG DIBACA DULU,".
    barusan udah dibaca koq postingannya, hehehehe...

    BalasHapus
  17. Makasih banyak sob infonya.
    sangat bermanfaat.
    sukses terus sob

    www.stopkeringatberlebih.com

    BalasHapus
  18. @om rame:oke lah kalau begitu...
    singkatan gaul yg kemarin berarti bisa gugur secara bahasa.dikarenakan blog etam juga personal dan memang curahan hati berarti postingan itu bisa terabaikan kan om.

    jadi intinya harus di sesuaikan dgn isi postingan.kalu penggunaan dalam menyampaikan komentar bagaimana om?
    @awang:kalau begitu kita sama sob.heheheh..wkakakak..prikitiew....
    @gudang:thanks masukannnya dan saya juga setuju pendapat anda
    @odonks:kalo saya terserah aja..aku sllu trima asal gak menyinggung unsur sara...
    @healty:oke lngsung ke TKP...

    BalasHapus
  19. Aq sering menggunakan kata 'hehehehe' didalam posting..... hehehehe... hehehehe... wkwkwkwkk......

    BalasHapus
  20. grecek benar ne postingan...

    BalasHapus
  21. udah jadi kebiasaan tuh bos . .tapi yang penting tetap dimengerti lah sama pembaca . .
    nice share . . :)

    BalasHapus
  22. @roxx:sah...
    @mahadma:yaeyalah bro...
    @akmal:pastinya...

    BalasHapus
  23. kalo menurut aku tu tergantung ma pribadi masing-masing orang, asal ga nyangkut sara dan saru ya oke aja, tapi ga tau juga kalo buat sobat blogger yang laen

    BalasHapus
  24. sory ketinggalan bang. wah itu mah saya banget yang pake "hehehe"
    kalau menurut saya bang.
    saya emang orangnya suka tersenyum, tertawa tetapi bukan cengengesan. kalo enggak ada "hehehe" terlihat jutek dan enggak asik. ya tapi tergantung dengan isi postingannya juga. kalau memang harus menggunakan "hehehe" kenapa enggak ? tertawa itu ibadah dan membuat orang seneng itu ibadah juga :). itu menurut saya bang etam :)

    BalasHapus
  25. kalo saya sob yg penting masih bisa kebaca aja bahasanya, ya trgantung dari artikel yg dibuat jg sih sob, btul tidak ? ;) salam kenal sob, silahkan komentar jg di blog saya .. ty

    BalasHapus
  26. saya sering menggunakan coretan di artikel saya, yang saya tahu penggunaan tanda coret untuk menekankan kata kunci agar mudah dibaca oleh google sob, jadi sah-sah aja kayaknya. Banyak juga para master seo yang menggunakan tanda ini. maaf kalo salah...

    BalasHapus
  27. Ane masuk kelompok pertama dongg...??? di beberapa tulisan ane ada "heheheheee"nya...

    bukan apa2 sih, cuman biar terkesan lebih mengakrabkan alias tidak kaku aje....

    BalasHapus
  28. makasih infonya akan segera saya benahi artikel2 saya

    BalasHapus