22 Mei 2010

SEJARAH SENDOK DAN GARPU

etam grecek, kutai , bontang , kaltim
Sendok adalah alat makan yang memiliki cekungan berbentuk oval atau bulat lonjong di satu ujung dan gagang di ujung lainnya.
Pada perjalanan sejarahnya konon sendok telah dipakai sejak Zaman Paleolitikum, namun bentuknya dan bahan yang digunakan jelas tidak seperti sendok yang kita kenal sekarang.
Pada masa tersebut sendok terbuat dari bahan Kulit kerang, Kulit kayu, bahkan dari daun-daunan. Perkakas tersebut mereka gunakan untuk menciduk air atau makanan yang berkuah. Oleh karena bahan sendok yang terbuat dari berbagai macam bahan maka sebutan untuk sendok-pun bermacam-macam, tergantung dari bahan apa sendok tersebut dibuat.

Di dalam Bahasa Yunani dan Bahasa Latin sendok disebut dengan “Cochlea” yang berarti “Kulit Kerang berbentuk Spiral”. Lain Yunani lain pula masyarakat Anglo-Saxon, mereka cenderung menyebut sendok dengan istilah “Spon” yang berarti “Serpihan atau Potongan kayu”. Istilah Spon inilah yang kemudian dikenal oleh bangsa Eropa dan bangsa-bangsa lainnya yang dalam bahasa Inggris disebut dengan “Spoon”.

Pada perkembangan selanjutnya sendok tidak hanya dibuat dari bahan-bahan sederhana seperti kerang ataupun kayu, sendok-pun dapat dibuat dari bahan Tulang, Tanduk, Keramik, Porselen, Kristal, seiring dengan penemuan bahan logam maka bahan pembuatan sendok-pun bergeser menjadi terbuat dari logam seperti Besi, campuran timah dan gading, Perak bahkan dari Emas.

Pada Zaman dahulu bentuk dari sendok ini tidak sama dengan bentuk sendok yang kita kenal sekarang ini bahkan bentuk sendok Zaman dahulu cenderung berbentuk tidak Lazim. Konon bangsa pertama yang menjadi pelopor dan pencipta sendok dengan desain yang kita kenal sekarang adalah Bangsa Romawi kurang lebih pada abad pertama Masehi. Ada dua jenis sendok yang mereka buat yaitu “Ligula” dengan ujung yang bulat seperti mangkuk dengan pegangan beraneka bentuk, Ligula ini biasa mereka gunakan untuk makan makanan seperti sup atau makanan berkuah. Satu lagi adalah yang disebut “Cochleare”, bentuknya kecil dengan ujung bulat dengan pegangan yang ramping. Cochleare biasa mereka gunakan untuk makan kerang dan telur.

Pasangan dari sendok adalah Garpu, konon umur dari garpu ini lebih muda dibandingkan dengan sendok, namun catatan sejarah mengatakan bahwa peralatan seperti garpu ini telah digunakan oleh masyarakat di Timur Tengah sejak seribu tahun sebelum Masehi. Ketika itu disebutkan bahwa bentuk dari garpu ini adalah bercabang lima. Di Timur tengah Pada Abad ke-VII garpu digunakan pada acara-acara kenegaraan. Penggunaan garpu ini terus berkembang penggunaannya dan meluas sekitar Abad ke-X di kalangan atas Kerajaan Byzantium.

Diceritakan bahwa Kerajaan Byzantium mengenal peralatan garpu ini setelah Domenico Salvo seorang ahli waris Imperium Doge dari Venesia menikah dengan seorang putri dari kerajaan Byzantium, konon saat itu Domenico Salvo membawa dua buah garpu di dalam kopernya.

Didalam perjamuan Pada abad ke-X, penggunaan garpu ini tidak ditata diatas meja, melainkan diberikan pada tamu yang duduk di meja perjamuan untuk menahan daging yang akan dipotong, dan lalu kemudian daging yang telah dipotong tersebut dimakan dengan cara memasukannya ke mulut dengan tangan. hal ini lazim dilakukan pada masa tersebut, justru apabila seorang tamu memasukan potongan daging ke mulut menggunakan garpu, hal ini akan menjadi bahan tertawaan dan celaan orang lain karena hal ini dianggap tidak sopan.

Di awal abad ke-XVI garpu mulai masuk ke Italia hingga pada perkembangan selanjutnya garpu masuk ke Perancis dibawa oleh Catherine dan Medicis yang menikah dengan King Henry II pada tahun 1533. sedangkan di Inggris garpu mulai dikenal pada awal-awal abad ke-XVII, konon hal ini karena Thomas Corryate membawa garpu yang dibelinya di Italia.

Perkembangan Garpu sangat lambat dan bahkan garpu dianggap sebagai barang berharga daripada sebagai alat makan. Karena hal inilah garpu lebih banyak disimpan dan dipamerkan sebagai barang kebanggaan. Bahkan di Inggris yang terkenal sebagai bangsa yang menjunjung tinggi tatakrama menganggap garpu bukanlah sebagai alat makan yang penting dan bahkan kalangan bangsawan disana memakai garpu hanya sekali saja sebagai ajang pamer kekayaan, hal ini karena garpu tersebut terbuat dari emas dan menjadi barang yang mewah dan berharga. Garpu hanya dipakai pada jamuan-jamuan istimewa saja untuk menghormati para tamu kerajaan.

Bentuk pertama dari garpu hanya mempunyai dua cabang dan agak lebar, ini didesain untuk memastikan daging tidak jatuh saat dipotong namun tentu saja menyulitkan apabila daging atau makanan yang dipotong berukuran kecil. Oleh karena itulah model lama ini kemudian di desain ulang dan disempurnakan dengan menambah cabang menjadi empat, garpu dengan cabang empat ini mulai diperkenalkan pada sekitar akhir abad ke-XVII. Sekitar abad ke-XIX, mulai dilakukan proses pelapisan sendok yang terbuat dari nikel dan tembaga umum. Di abad ke-XX, tepatnya 1920, perangkat makan anti karat mulai dikenal dan banyak digunakan.

Hingga pada perkembangannya kemudian Sendok dapat terbuat dari berbagai material. Yang paling umum adalah logam, Ada juga sendok yang terbuat dari plastik, umumnya dirancang agar dapat digunakan sekali dan kemudian dibuang. Bahkan kemudian sendok ini berkembang sesuai dengan fungsinya hingga banyak sekali berbagai macam sendok yang diproduksi sesuai dengan fungsinya tersebut, berikut adalah berbagai macam sendok dan garpu.

1. Macam dan Jenis Sendok
- Sendok makan
- Sendok sayur
- Sendok teh
- Sendok kopi
- Sendok nasi
- Sendok sop
- Sendok sirup
- Sendok es krim
- Sendok kue tart

2. Macam dan Jenis Garpu
- Garpu makan
- Garpu kue
- Garpu daging dan ikan

28 komentar:

  1. Bangsa romawi memang hebat hebat sebagai penemu

    BalasHapus
  2. Mak nyus kawan.banyak juga ya ternyata macam sendok dan garpu ini

    BalasHapus
  3. waah waah ternyata bgitu sejarahnya sendok n garpu... nice post

    BalasHapus
  4. @uswah:kapan bangsa kita terkenal dg hasil penemuannya..
    @bung tomo:banyak bos..
    @atok:thanks..

    BalasHapus
  5. wah harus makasih sama yg pertama kali ngebuat sendok ^0^
    tp kalo orang sunda kaya aq mah lebih seneng pake tangan,,xixixi ~_~

    With Love,

    |
    |
    V

    Miss Rinda - Personal Blog

    BalasHapus
  6. sendok bentuknya yang sederhana tapi sangat panjang sejarahnya

    moga sukses selalu kawan

    BalasHapus
  7. menarik sekali membaca artikel ini. Ternyata hal-hal kecil di sekitar kita (sendok dan garpu) mempunyai sejarah yang panjang.
    salam kenal

    BalasHapus
  8. @rinda:sama dong saya orang kutai jg jrang pake sendok...

    @pak de:sukses jg de..
    @ari:salam kenal balik
    @RF4BI:thanks..

    BalasHapus
  9. mantaf pengetahuannya sob.. ane jarang pake sendok , kalo lagi ga makan maksudnya he he

    BalasHapus
  10. bermanfaat banget mas...
    setiap orang pasti pake...
    tapi mereka gk tahu asal usulnya dari mana...
    hahaha....

    BalasHapus
  11. pengetahuan baru ne..., thanks mas tas sharenya salam kenal :)

    BalasHapus
  12. Oalahhh... hihihi ada juga sejarahnya... baru tahu ane.. mantapp gann!

    BalasHapus
  13. all..thanks jg ya dah mampir n komentarx...

    BalasHapus
  14. aku baru tau di sini sejarahnya,,ternyata ada sejarahnya sendok dan garpu..unik sob, mantap

    BalasHapus
  15. gmn klo ane hidup dijaman dulu, wah gak enak bgt keknya coz sndonya pke kulit kerang/potngan kyu.he..

    BalasHapus
  16. @hendro:smua pnya sejarah dan asal usul bos.....

    @odonks:bersyukurlah kita yg hidup di jaman modern ini.........

    BalasHapus
  17. wah baru tau nih.. Makasih udah berbagi..

    BalasHapus
  18. untung aja sendok makan juga diciptakan, coba kaLo cuma sendok semen aja yang ciptakan bisa berabe tuh nyendok, hehehehehe....

    BalasHapus
  19. hihihihi baru tahu saiaa sejarahnyaaa

    BalasHapus
  20. ternyata sendok garpu punya sejarah. seru banget bacanya..

    yg lucu,"... ada garpu di dlm kopernya".. nah berasal darimana tuh garpu kok bisa masuk ke koper yaa... hehe

    BalasHapus
  21. @gado'':thank jg gado gado..
    @om rame:haha...untuk klo msh sendok semen om...klo yg ada cuma sekop..bah parah lg tu...

    @sealkaz:smkin bnyk baca smkin bnyak tau...
    @ducky:itu kita cari tau...

    BalasHapus
  22. memang semuanya pasti ada pasangannya, tinggaL kita secara bijak daLam mengapLikasikannya.

    BalasHapus
  23. hebat nich sobat yang satu ini, sendok dan garpu yang sebesar ini aja postingannya panjang, gimana kalo posting tentang sekop ya, he...he....

    BalasHapus
  24. hahaha..klo sekop ntar gak muat bos...

    BalasHapus