15 Jun 2010

MOTOR DI MODIF

Bagi sebagian orang,motor tidak lagi sekadar menjadi alat transportasi,tetapi sudah menjadi jati diri bagi empunya.Mereka gak mau tungganganya sama dengan yang lain,mereka tidak mau dibilang Pasaran.
Atas dasar inilah maka sebagian orang kemudian melakukan modifikasi motornya dan juga atas dasar seni,serta kreatifitas tentunya.
Sekarang banyak kita lihat motor-motor dengan bentuk yang sudah tidak lagi standar bawaan pabrik,ada yang berdesain modern,futuristik,classic bahkan yang extrem sekalipun juga ada.pokoknya bnyak bentuk dan gayanya.

Tapi banyak orang yang melakukan modifikasi motornya tanpa penghitungan, dan konsep yang cermat,yang penting tampil beda, tanpa memperhatikan lagi estetikanya sehingga modifikasi cenderung menjadi ‘dekorasi’.dan terkesan asal-asalan.
Tidak sedikit modifikasi yang mereka lakukan menyimpang dari penggunaan motor yang seharusnya, karena penggantian sebagian komponen secara radikal.

Seperti di  bagian knalpot,Untuk mengejar suara motor yang ingin terdengar garang,mereka menggunakan knalpot tipe racing- bobok, nyaring dan kencang memang suaranya tapi apa mereka tidak sadar bahwa sebagian besar orang merasa terganggu dengan bunyinya?

Contoh lain modifikasi yang relatif tidak sesuai adalah:
- Penggunaan klakson dengan berbagai macam bunyi yang terdengar mengagetkan bagi yang mendengarnya
- Penggunaan lampu yang terlalu terang ‘halogen’ yang dapat mambahayakan pengendara lain yang ada di depannya karena relatif menyilaukan pandangan
- Penggunaan aksesoris yang mempunyai bentuk yang runcing,seperti handgrip,footstep yang dapat mencederai pengendara

Sebenarnya boleh boleh saja melakukan modifikasi atas motornya, namun tentunya harus tetap mengedepankan fungsi dan estetika.
Merubah salah satu bagian dari motor secara tidak langsung telah merubah kestabilan motor secara keseluruhan.
Perlu diingat bahwa pabrikan membuat motor dilakukan oleh ahlinya sedemikian rupa dengan melakukan tes dan riset sebelumnya,sehingga dari segala sisi sudah diujicoba kelayakannya.

Akhirnya pilihan tergantung pada masing-masing individu, memilih melakukan modifikasi ataukah tetap dengan kondisi motor yang standar?

22 komentar:

  1. Pertamax...dulu wal...keren modifikasi na wal

    BalasHapus
  2. yang paling penting kenyamanan pengguna jalan yang lainnya juga ga jadi terganggu,
    pernah dijalan ane nemuin motor yang lampu rem belakangnya-nya putih, jadi silau banget, bahaya banget yang kaya gitu tuh bisa nyelakain orang yang pas dibelakangnya . .

    BalasHapus
  3. Bagus gan gambarnya.
    Penggemar motor berapapun biaya modif selalu dijalani.aku heran

    BalasHapus
  4. Berkunjung pagi yang cerah

    BalasHapus
  5. wah bagus bgt modif.a. . . Top dah.

    BalasHapus
  6. @arief:di bpp bnyk kn wal tmpt modifikasi
    @akmal:klo bgtu jlas mengganggu,,klo ada razia bs di tilang tuh sm pak polisi
    @bung tomo:demi sebuah kepuasan
    @silahkan
    @arie:top

    BalasHapus
  7. saya juga suka om modif motor...punyaku dulu vega R,tak ganti dech semua bodinya jadi jupiter Z, klo soal knalpot aku pke nobi om, dengan suara yang super halus, jadi aman dech klo dijalan,Soal Lampu terang banget om,xixixixixi...jadi makin PD aku om..hahahahaha
    gpp to om????

    BalasHapus
  8. kalo aku termasuk ga suka motor yang dimodifikasi, suka ala kadarnya

    BalasHapus
  9. @denny:wah berubah dong tampilannya..
    @mixed:standar itu baru bnar..

    BalasHapus
  10. agak teLat ngabsen, kebetuLan koneksi inet disiniii... Lagi padat merayap.
    saya juga punya tuh tips untuk memodifikasi dan mengendarai motor, ijin review yah om. tapi sementara masuk daLam antrian review duLu, biasa jadwaL review Lagi padet. hehehehe...
    (mohon maaf saya pake kata heheehe...)
    -------------
    maaf om, saya beLum sempat baca-baca postingan yang kemarin. jadwaL kunjungan baLik Lagi padet juga, harap dimakLumi.
    -------------
    gimana acara kemarin?, sukses doooong....

    BalasHapus
  11. om_grecek ini rupanya sudah fasih juga yah bidang iLmu keagamaannya, boLeh dong bagi-bagi iLmunya.
    ------------
    jangan Lupa tuh kaLo ada sisa anggaran kegiatan dikembaLikan. hakhakhakhakhak....

    BalasHapus
  12. wah mantap tuch motornya...
    malah tambah keren
    terima kasih

    BalasHapus
  13. keren sob mtornya, kl bawa cewek bisa nempel ky prangko trus, hahaha, merosot n nempel mode on, wkwkw :)

    BalasHapus
  14. @om rame:pendidikan agama dr ortu dan sewaktu di pesantren msh sllu di ingat..dan sllu di terapkan dlm kehidupan sehari''.

    anggaran yg sngat pas''an digunakan semaksimalnya om...mungkin mlh nombok..
    @imtikhan:keren gt loh..
    @angga:yg dekat merapa yg rapat jng di ganggu...
    @odah etam:apadah...

    BalasHapus
  15. Yahhh emang kurang kerjaan dan dirasa berlebihan kalo begitu...

    BalasHapus
  16. itu nyari kerjaan jadinya...

    BalasHapus
  17. haha klo ngomongin modif motor...skarang yg aku pake standar2 dari pabrikan aja sob...klo waktu masih sekolah dulu sih dikilik terutama biar menang klo lagi Ng'trek liar haha........

    klo motor sobat gmn???

    BalasHapus
  18. wah setuju om.....
    modifikasi adalah bentuk seni, n klo gak d modif to jlek...hhe..... :)

    BalasHapus
  19. Setuju sekali boz....modifikasi harus mempunyai nilai fungsi dan estetika yang pas, jangan sampai memodifikasi kendaraan malah bikin ribet dan ga ada fungsinya cuma keren aja tampilannya, giliran ada police tidur di gotong tu motor heheeeeee,,,

    Nice posting boz....

    BalasHapus
  20. kunjungan malam boz....Ngomong 2 soal motor ane punya wallpaper keren ni ( Motor Chopper Yamaha ) silahkan di lihat dan di download gratisssssss.

    BalasHapus
  21. remonaja69@yahoo.com6 Desember 2010 23.07

    ok jg motor nya

    BalasHapus