27 Jun 2010

MELAMUN ADA GUNANYA LHO


Siapa bilang melamun cuma kerjaan sia-sia? Kegiatan tanpa aktivitas ini ternyata punya manfaat yang luar biasa. Bisa bikin pasangan tambah mesra sampai membuat Anda naik gaji. Jangan melamun dulu.! Baca dulu postingannya grecek…. oke sob.
Para ahli memperkirakan, porsi melamun seseorang dalam sehari bisa mencapai sepertiga sampai setengah jam sadarnya alias ketika tidak sedang tidur. Satu lamunan tidak ada yang bertahan lama, paling tidak hanya beberapa menit.
Melamun sering dianggap sebagai kegiatan negatif karena memang hanya pikiran saja yang menerawang tanpa fisik bekerja. Namun rupanya secara mental pula banyak keuntungan yang bisa didapat dari kegiatan melamun. Selain membuat semangat terus kencang masih banyak hal positif lain dampak dari melamun. Apa aja ya?

Santai
Seperti meditasi, ngelamun membuatkan pikiran Anda beristirahat. Liburan singkat yang membuat tensi serta kecemasan Anda segar kembali. Melamun juga sangat berguna untuk mengendalikan kecemasan serta phobia.
Mengendalikan Konflik
Melamun juga terbukti bisa berguna untuk mengendalikan konflik dalam diri Anda. Seorang ahli psikoterapi Tina Tessina menyebut metode ini seperti memutar kaset. Anda hanya harus memutar kembali kejadian yang telah berlalu dalam pikiran Anda. Bayangkan dan ambil respon yang berbeda tiap kali Anda mengingat kejadian tersebut. Coba lakukan beberapa kali dan Anda akan mulai mendapatkan cara terbaik untuk mengatasi masalah Anda.
Memperbaiki Hubungan
Pasangan biasanya kerap memikirkan pasangnya dikala mereka jauh. Hal itu ternyata secara psikologis dalam mempererat hubungan.Kita melamunkan seseorang yang kita cinta. Kita membayangkan berbagi hal berita baik dengannya, bersama dengan kesuksesan dan kegagalan Anda. Pasangan tak bahagia melamun tentang argumen dan dan konflik sementara individu bahagia selalu berpikir positif.
Meningkatkan Produktifitas
Saat Anda penat dengan segala daftar pekerjaan harian Anda, ada baiknya luangkan sedikit waktu untuk melamun. Mengkhayalkan hal indah dan menyenangkan bisa membuat pikiran segar kembali dan tak terlalu pusing. Lakukan beberapa menit saja cukup untuk membuat pekerjaan Anda rampung dengan semangat kembali membara.
Menambah Nilai dan Percaya Diri
Jika Anda membayangkan suatu skenario tentang sesuatu yang Anda coba lakukan, tingkat kepercayaan diri Anda akan terus meningkat seiring mantapnya pikiran Anda. Dengan cara seperti itu Anda juga bisa lebih peka mengenal diri Anda sendiri dan bisa menetapkan standar yang lebih baik.
Membantu Capai Target
Setiap kegiatan pasti punya target yang ingin dicapai. Nah, melamun bisa membantu Anda. Keindahan dalam melamun adalah tak ada hal yang mustahil. Anda bisa membayangkan pencapaian keberhasilan saat Anda melakukan suatu tugas. Metode ini juga dipakai para atlet untuk membantu performance mereka. Latihan fisik penting namun mental juga harus dilatih untuk membantu mencapai target.
Melepas Bosan
Orang dengan pekerjaan yang monoton sering kali menggunakan melamun untuk menjaga pikiran mereka terus terstimulasi. Dengan melamun hari tak lagi begitu membosankannya.

Melamun sesekali saja memang menimbulkan banyak manfaat tapi hati-hati melamun juga punya sisi negatif. Sebagai contoh, terlalu terobsesi akan sesuatu bisa membuat seseorang mengisolasi diri dan menghabiskan waktu dengan pikirannya sendiri. Padahal mimpi pada dasarnya tak akan terwujud tanpa usaha.
sobat sering ngelamun juga gak?

29 komentar:

  1. mau coment dulu sebelum tidur om...
    jadi gitu to ceritanya? aku klo melamun memikirkan uwang om,xixixixixi

    BalasHapus
  2. lama ne, umy nggak mampir,,,
    hehehe( basa basi)
    pa kbr?
    huft,,
    ngelamun,, ternyata banyak guna ya,,
    maksih infonya

    BalasHapus
  3. >> Oke deeh!!! waktunya melamun, melamun dimulai!! (mode mengheningkan cipta) ^_^

    BalasHapus
  4. kalo melamun saya sering dapat ide cemerlang,tapi ada juga orang melamun jadi kesurupan...hk..hk...cuma tahu dari nonton tv...

    BalasHapus
  5. @denny:kalo mo dapat uang kita hrus giat kerja den
    @umy:kbanyakan ntar gak bermanfaat..ntar abynya ilang lg
    @amy:bobo dah mlm ni...
    @ummiega:ah itu nglamun parno..mkanya setannya masuk bu...

    BalasHapus
  6. eh mas mungkin lebih tepatnya bisa di sebut itu "merenung" bukan "melamun", btw sama ga sih :D he he

    BalasHapus
  7. aku juga kadang tidak sadar suka melamun sendiri..

    BalasHapus
  8. wah ternyata aga gunanya ya, aq suka melamun sendiri nyari ide buat postingan...terima kasih sob, perubahan blognya bener2 keren mas.

    BalasHapus
  9. Kalo kebanyakan melamun bisa kesambet tu wal kata mama ane..hehehe

    BalasHapus
  10. Asal jangan panjang angan aja hhhh, kalo panjang angan tanpa disertai usaha dan doa, apa jadinya.
    Kalau ane menilai postingan di atas tepatnya adalah merenung. Btw, jempol buat Grecek, teruslah berkarya Sob

    BalasHapus
  11. segala sesuatu emang tidak akan terwujud tanpa adanya usaha, tapi klo melamun ya bolehlah sekali-kali kayanya, buat ngilangin sutress tapi jgn kebanyakan jg ntar bisa sutress beneran ^_^..

    ok deh thx infonya fren n lanjutkan.....

    BalasHapus
  12. iya melamun sambil ngeblog contohnya.. fikiran bisa rilex sejenak, lepas dari rutinitas harian. tahapan melamun-kontemplasi-tafakur hasil akhirnya bisa jd tawakal dan ilmu. jd sumber inspirasi buat ngeblog juga hehee.. :)

    BalasHapus
  13. Rutinitas kunjungan pagi hari.sori agak telat sejam gan.maklum ada kerja bakti.
    Wah kalo aku sukanya melamun gan.entah kenapa kok bs gt.uda takdir ilahi kali ya

    BalasHapus
  14. Tidak mengapa melamun untuk memikirkan masa depan

    BalasHapus
  15. sebeLum membaca postingan ini saya coba meLamun duLu seperti pada gambar di atas yang sambiL meLamun tanpa ada perutnya aLias Lagi keroncongan, cari Lontong sayur duLu ach. kriuk..kriuk..kriuk..

    BalasHapus
  16. Aku juga sering ngelamun tapi maaf ga ngelamunin situ loh yah, hehehe...

    BalasHapus
  17. perut sudah kenyang koq maLah jadi ngantuk yang, maaf yah enggak sempat komentar mau permisi duLu ijin bobo manis. hoaaammm...

    BalasHapus
  18. apalagi kl mau posting artikel sob, kdg2 emang perlu melamun dl cari inspirasi, hahaha, ty artikelnya sungguh bermanfaat ...

    BalasHapus
  19. wah , ternyata melamun juga ada manfaat nya juga ya ... bagus banget artikelnya

    BalasHapus
  20. Dari pada ngelamun mendingan menjalin persahabatan.
    ijin memfollow blognya mas etam grecek.

    BalasHapus
  21. bila hak bonus kejaba ne...

    BalasHapus
  22. Kadang dengan melamun akan muncul ide-ide yang cemerlang... tapi pada kondisi yang sedih, melamun malah bisa memperburuk keadaan. Tapi saya kira pantas untuk menjadi bahan renungan ....
    Eh ... templatenya ganti yah shob,.. cihui...

    BalasHapus
  23. kurangi dunk melamunnya tar setan bisa masuk gan

    BalasHapus
  24. berkunjung kawan.melamun saja kenapa gan..tuh gambarnya

    BalasHapus
  25. melamun jika kelamaan akan merusak jiwa sobat

    BalasHapus
  26. aku juga tiap hari pasti nglamun Sob....tapi ya ga keterusan sampe lupa kerjaan haha......

    BalasHapus