9 Jun 2010

KOK BAU

Modal utama penampilan menarik adalah bau badan segar dan harum. Perawatan tubuh yang tepat tak sebatas pada mandi saja. Pada dasarnya tubuh memiliki bau alami, tapi akan jadi masalah bila tubuh mengeluarkan aroma kurang sedap di hidung.

BAU KERINGAT

Sebenarnya keringat yang keluar dari tubuh adalah hal yang normal dan tidak berbau, sampai ia kontak dengan bakteri di kulit. Tempat favorit para bakteri adalah di daerah hangat, gelap, dan basah seperti ketiak.

Bila sering mendapati baju basah di bagian ketiak, mungkin mengalami hyperhidrosis, di mana kelenjar keringat bekerja terlalu aktif.
Sedangkan keringat berlebihan ditambah rasa mual, kepala pening dan berat badan terus turun, bisa jadi mengalami masalah dengan tiroid atau indikasi adanya penurunan gula darah.
Deodoran yang biasa dipakai kebanyakan mengandung antiperspirant yang akan mengatasi keringat berlebih. Sayangnya sering memakainya di waktu salah.
"Agar ketiak selalu kering, gunakan saat kulit dalam keadaan kering sehingga zat aktif produk lebih cepat meresap," kata David E Bank, direktur Center for Dermatology, Cosmetic & Laser Surgery, New York.

BAU KAKI
Kaki memiliki 250.000 kelenjar keringat, satu kaki, bukan sepasang. Tak heran bila kaki memproduksi setengah cangkir keringat setiap harinya. Saat kaki panas dan lembab, bakteri senang tinggal di sana dan menyebabkan bau tak sedap. Untuk mengatasinya, cuci dan keringkan kaki
setiap habis mandi. Gunakan sepatu yang terbuat dari bahan alami, seperti kulit atau kanvas, sehingga kaki bisa "bernapas". Juga bisa memakai antiperspirant khusus untuk bagian kaki setiap malam sehingga kaki selalu kering.

AREA INTIM
Area intim wanita memiliki bau alami. Bau khas ini akan semakin kuat atau sebaliknya kurang berbau, mengikuti siklus menstruasi. Yang perlu diwaspadai adalah bila area intim mengeluarkan bau menyengat dan disertai keluarnya cairan kekuningan atau hijau. Kondisi ini bisa jadi indikasi adanya infeksi jamur atau bacterial vaginosis.
Untuk menjaga kesegaran area intim, saat mandi, basuh dengan sabun lembut. Selain itu hindari pencetus bakteri, yakni lembab. Segera ganti pakaian dalam yang basah dan lembab. Jangan terlalu sering menggunakan pakaian dalam yang terbuat dari kain yang tidak menyerap keringat, seperti satin. Konsultasikan dengan dokter bila terjadi infeksi jamur.

BAU MULUT
Bau naga alias bau mulut sebenarnya terjadi ketika bakteri yang tinggal di dalam mulut kita dan bertugas menghancurkan partikel makanan, memproduksi senyawa belerang yang bau. Apa yang kita makan juga bisa menyebabkan mulut berbau tak sedap. Bagaimana cara memiliki napas yang segar? Saat menggosok gigi, bersihkan juga permukaan lidah dengan sikat khusus untuk menyingkirkan bakteri. Jangan lupa mengurangi konsumsi makanan yang memiliki bau tajam, seperti petai, bawang putih, atau durian.



bontang,kaltim

17 komentar:

  1. ane baru abis mandi ni udah wangi pula...
    jadi gak bau lagi sob, dan siap untuk beraksi...
    hehe

    BalasHapus
  2. bau emang paling susah buat dihindari..:(

    BalasHapus
  3. @aby:lanjutkan aksinya
    @tukang:tapi bisa di atasi..

    BalasHapus
  4. bau badan no way! tapi bau duren wah ga nahan tuh bikin ngiler

    BalasHapus
  5. bau ini ne yg unik "area intim"....hahahaha

    BalasHapus
  6. @mixedfresh:apalagi klo belah duren,,bs ileran tuh..
    @mahadma:terlebih di intimidasi...

    BalasHapus
  7. bau ketiak belum ada mas, begitu menyegarkan, Ee..Dodo..ee

    BalasHapus
  8. ini penting bgt.. sepele tapi bisa putus silaturahmi gara2 ini. selain deodoran rajin mandi plus cukup minum air putih juga bagus kayanya. punten agak telat berkunjung bujet online dikurangin nih paketnya ^_^

    BalasHapus
  9. tapi katanya, ada juga beberapa orang yang suka dengan saLah satu jenis bau-bauan seperti di atas. katanya sih karena ke khasan dari aromanya.
    ijin review tuLisan, insya Allah besok pagi sudah terposting.

    BalasHapus
  10. bau...
    ane biz futsal nih om grec... :)
    nice lah infonya oim grec.. :D

    BalasHapus
  11. wah koq tahu kalau aku agak bau badan....ehhehe
    salam persahabtan

    BalasHapus
  12. bau naga kalau di tempat pak liek biasanya digunakan untuk menunjukkan orang yang habis minum miras ...

    BalasHapus
  13. Kebetulan saya dah mandi, jadi wangi xixiixx..

    BalasHapus
  14. baru dengar kalau ada mau naga...emang naga baunya gitu ya...he...he....

    thank sherenya

    BalasHapus
  15. hehe ada ada aja bang etam ini

    BalasHapus
  16. bau mulut orang puasa gpp kan sob

    BalasHapus
  17. @buret: hahahaha..burketnya juga tuh..
    @kirana: tepatnya di sesuaikan aja teh..
    @om rame: oke ditunggu om
    @kezedot: salam persahabatan sob
    @pak liek: oh bgitu ya..lazim dikatakan jika mulut seseorang berbau tidak sedap

    @ramdhan:mantap..
    @rizal:istilah aj brur...
    @4dream: biasa bro..
    @atok: orang puasa bau ya mulutnya...

    BalasHapus